Trik Rahasia Yang Disembunyikan Supermarket Dari Anda

Ilustrasi supermarket

Banyak orang yang lebih suka berbelanja di supermarket ketimbang pasar tradisional karena terjamin kehigienisan dan kebersihan produk yang mereka jual. Selain itu tempatnya juga lebih nyaman dibandingkan dengan pasar tradisional.

Konsumen bisa dengan mudah mencari barang yang hendak mereka beli. Pihak supermarket juga kerap memberikan diskon besar-besaran untuk menarik lebih banyak minat pembeli. Tak hanya itu, supermarket juga punya trik-trik tersembunyi yang tidak diketahui pelanggannya agar jualan mereka tetap laku.

Berikut Wow Menariknya mengutip dari merdeka.com, trik-trik rahasia yang disembunyikan supermarket dari Anda.

4. Memasang musik lembut agar konsumen berlama-lama belanja


Hampir semua supermarket memasang lagu yang lembut agar terdengar semua pelanggannya. Tahu tidak apa tujuannya? Musik yang lembut seperti musik pop memiliki irama yang lambat sehingga membuat detak jantung pelanggan juga ikut melambat. Oleh karena itu, pergerakan pelanggan juga semakin melambat sehingga pelanggan bisa berlama-lama di supermarket.

Mungkin Anda juga bisa merasakannya sendiri. Ketika Anda berbelanja, pasti Anda tidak bergerak cepat dan seolah-olah Anda ingin berlama-lama di dalam supermarket sambil memilih barang-barang yang hendak dibeli.

Tentu, ujung-ujungnya keranjang belanjaan Anda akan diisi penuh yang sudah pasti menguntungkan pihak supermarket.

3. Tahu kenapa buah dan sayuran ditaruh di depan?


Seringkali supermarket menaruh produk buah-buahan dan sayuran mereka di bagian depan, tahu tidak alasannya? Secara psikologis menaruh buah dan sayuran yang berwarna-warni bisa memancarkan ketertarikan dan bisa memberi kesan bahwa supermarket ini sangat menyenangkan.

Pelanggan pun akan berpikir bahwa supermarket ini punya banyak penawaran yang diberikan. Secara otomatis, pelanggan akan menjelajahi supermarket lebih dalam lagi.

2. Buah dan sayur sering disemprot dengan air


Ketika buah atau sayur dipetik, maka kelembapan dan kesegarannya akan berkurang. Untuk membuat buah dan sayur yang dijual supermarket terlihat segar, petugas supermarket biasanya suka menyemprotkan air ke buah dan sayuran tersebut.

Namun ada bahayanya, jika buah dan sayur terlalu banyak disemprot air, maka itu akan menumbuhkan jumlah bakteri berbahaya, terutama pada sayuran. Bahkan, penyemprotan ini bisa menambah beban berat buah dan sayuran agar ketika ditimbang berat totalnya bertambah sehingga konsumen harus mengeluarkan uang lebih banyak.

1. Banyak makanan yang dibuang


Tanpa Anda ketahui, jumlah makanan yang dibuang supermarket sangatlah banyak. Hal itu dikarenakan prilaku konsumen yang tak akan memilih buah dan sayur yang tinggal sedikit di rak. Konsumen akan berpikir kalau buah dan sayur itu memiliki kualitas yang buruk sehingga mereka enggan membelinya.

Mau tak mau, pihak supermarket harus menukarkan buah dan sayur yang tersisa dengan yang lebih baru dan lebih segar agar konsumen mau membelinya. Hingga akhirnya banyak buah dan sayur yang terbuang, bahkan yang masih layak jual juga terpaksa dibuang.
X