Ternyata, Begini Tipu Daya Pengemis Palsu Yang Kakinya Buntung

(Foto: Instagram)

Pengemis dijadikan pekerjaan oleh sebagian orang karena dianggap bisa dengan mudah mendapatkan uang. Hanya dengan menjual wajah memelas, pakaian compang-camping atau cacat fisik, bakalan banyak orang yang merasa iba untuk memberi mereka uang.

Tapi tidak semua pengemis yang ada di jalanan benar-benar tidak mampu, baik dari segi ekonomi ataupun fisik. Ada juga yang berpura-pura mengalami cacat fisik seperti kakinya buntung agar banyak orang yang merasa iba terhadapnya.

Mungkin banyak orang yang akan tertipu dengan tipu daya mereka yang berpura-pura kakinya buntung. Agar tidak banyak yang tertipu lagi, Walikota Bandung Ridwan Kamil mengunggah sebuah video di akun Instagram-nya, @ridwankamil, yang menunjukkan trik pengemis palsu yang pura-pura kakinya buntung.

"Warga Bandung dan wisatawan, jangan terkecoh atau iba pada pengemis yang pura-pura buntung kakinya. rata2 itu adalah penipuan/scam. hati2 juga jangan iba pada lelaki yang sering ngaku patah hatinya, padahal pacarnya berserakan dimana-mana. Nuhun," tulis caption dalam video yang diunggah Kang Emil.

Dalam video tersebut tampak seorang pengemis pria yang kakinya buntung. Kemudian dua orang lain menyuruh pengemis tersebut untuk membeberkan trik kaki buntungnya itu

Ternyata, pengemis itu melipat kakinya, kemudian ditutupi oleh kain celanan sehingga tampak seperti orang yang kakinya buntung.

Setidaknya, video pengemis palsu itu sudah dilihat lebih dari 530.000 kali dan mendapat lebih dari 4.000 komentar.

X