Sabar Tidak Ada Batasannya, Jika Ada Seperti Apa Batasan Sabar Itu?




Sabar, satu kata yang sederhana tapi sulit sekali untuk menjalaninya. Banyak orang bilang kalau sabar itu ada batasannya, jika memang sabar ada batasnya, coba sebutkan seperti apa batasan sabar itu?

Batasan negara Indonesia adalah Sabang sampai Merauke, batasan hidup adalah mati, lalu seperti apa batasan sabar? Jadi sabar itu sebenarnya tidak ada batasnya, tidak ada alasan bahwa Anda kehabisan kesabaran.

Lalu apakah marah tanda kehabisan kesabaran? Manusia itu spesial, diberi akal dan nafsu. Ada waktunya kita harus marah dengan syarat tepat pada waktu dan kondisinya.

Ketika ada seseorang yang mencoba mencelakakan Anda, apakah Anda akan diam saja? Tentu saja tidak, Anda pasti akan marah dan melawan orang tersebut. Marah di sini bukan berarti Anda tidak sabar, tapi Anda marah demi melindungi diri sendiri.

Lalu dalam kondisi lain, ada orang yang menyakiti perasaan Anda atau memfitnah Anda, apakah Anda akan membalas orang tersebut dengan dalih sabar itu ada batasnya? Seandainya Anda malah membalas orang yang menyakiti Anda dengan kebaikan, apakah itu akan jadi kerugian bagi Anda?

Tentu saja tidak, dalam kondisi seperti ini membuktikan bahwa sabar itu tidak ada batasanya. Memiliki jiwa yang sabar akan menghasilkan sesuatu yang indah dan ketentraman di hati. Orang yang tadinya membenci Anda akan berbalik jadi menghormati Anda.

Jadi, sabar itu bukan berarti diam saja, tapi sabar itu menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya dengan akal dan hati.


Yuk, ikut berbagi cerita inspiratifmu lewat Blog dan Quote bersama Toyota Indonesia!

X