Kenapa Bau Kemenyan Identik Dengan Hal-Hal Mistis?

Ilustrasi kemenyan (foto: blogspot.com)

Apa yang kamu rasakan ketika tiba-tiba mencium bau aroma kemenyan? Pasti bulu kuduk kamu langsung merinding karena kamu berpikir ada makhluk halus sedang berada di dekatmu. Lalu tahu tidak kenapa bau kemenyan identik dengan hal-hal mistis?

Kemenyan sebenarnya berasal dari getah pohon yang dihasilkan dengan cara memotong kulit batang pohon kemenyan. Kemenyan sudah populer dari sejak zaman dahulu di masyarakat dunia melalui perdagangan.

Getah pohon kemenyan (foto:blogspot)

Kemenyan juga mempunyai manfaat yang kerap dijadikan obat tradisional untuk mengobati maupun mencegah berbagai jenis penyakit. Tak hanya itu kemenyan juga digunakan dalam perindustrian sebagai bahan baku pembuatan parfum.

Namun di Indonesia kemenyan identik dengan hal yang berbau mistis, karena dipercaya bau wanginya saat dibakar dianggap sebagai jembatan antara manusia dan mahluk halus. Maka tak heran jika disebuah ruangan mencium baunya pikiran kita langsung mengarah pada hal mistis.

(foto: blogspot)

Lantas mengapa kemenyan itu identik dengan mistis? Karena kemenyan dulunya sering digunakan oleh para dukun untuk mengobati para pasiennya. Dengan membakar kemenyan dan membacakan kata-kata berupa mantra, para dukun berusaha untuk mengobati para pasiennya dengan bantuan Jin.

Oleh karena itu bau kemenyan di Indonesia sering dianggap dengan hal-hal mistis. Tapi di luar negeri, kemenyan sering dijadikan aroma parfum.

Kebayang kalau kamu pakai parfum beraroma kemenyan, pasti banyak orang yang menyangka kamu dukun. Oh iya, jangan percaya sama dukun deh, mereka itu sahabatnya setan lho.
X