Kasihan, Otak Bayi Ini Berada Di Luar Tengkorak Kepala

Bentley (Foto: Life Action News)

Seorang bayi bernama Bentley asal Ohio, Amerika Serikat, terlahir dengan kelainan langka yang membuat otaknya berada di luar tengkorak kepalanya.

Ketika melakukan tes USG, orang tua bayi tersebut, Dustin dan Sierra Yoder menemukan bahwa bayi mereka yang masih dalam kandungan memiliki gangguan otak yang disebut encephalocele, menurut laporan Life Action News (24/6/2016).

Kondisi fatal ini kadang-kadang membuat sebagian otak dari penderitanya berkembang di luar tengkorak kepalanya seperti yang dialami Bentley. Dokter menyarankan kepada Dustin dan Sierra untuk menggugurkan bayi mereka.

(Foto: Life Action News)

Dianggap tidak ada kesempatan hidup, pasangan itu memutuskan untuk melakukan aborsi terhadap kandungannya yang baru berusia lima bulan. Namun, Sierra mendapat perubahan yang mendadak untuk tidak jadi melakukan aborsi.

"Malam sebelum prosedur, saya berkata kepada Dustin aku tidak bisa melakukannya. Dia (Dustin) memiliki napas lega. Dia sangat senang," jelas Sierra kepada The Washington Post.

Walau dokter sudah memperingatkan kepada pasangan itu bahwa anak mereka kemungkinan besar akan meninggal ketika dilahirkan, namun Sierra mengatakan bahwa mereka setidaknya ingin menghabiskan banyak waktu dengan bayi mereka dan memiliki kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal.

Ketika Bentley dilahirkan, pasangan itu dibuat terkejut melihat anaknya bergerak dan menangis. "Dia sempurna," kata Sierra.

(Foto: Life Action news)

Beberapa minggu setelah Bentley dibawa pulang ke rumah, kondisi kepalanya mulai berkembang menunjukkan pertumbuhan tak normal. Orang tua Bentley pun berusaha mencari rumah sakit yang bisa mengobati kondisi anaknya, namun tidak ada satu pun yang sanggup.

Hingga akhirnya mereka menemukan ahli bedah di Rumah Sakit Anak Boston yang mengkhususkan untuk mengatasi encephalocele. Para dokter percaya kalau Bentley bisa bertahan hidup dengan menggunakan otak yang berada di luar kepalanya. Tim bedah pun mengatakan akan berusaha kerasa untuk menempatkan kembali otaknya ke dalam tengkoraknya.

Operasi itu pun berhasil dan Bentley yang sekarang sudah berusia 7 bulan mulai berangsur membaik. Sierra dan suaminya mengaku sangat bahagia melihat anaknya bisa tumbuh normal.
X