Ini Efek Samping Berbahaya Dari Suntik Tetanus

Suntik tetanus (Foto: Boldsky)

Tetanus adalah infeksi bakteri serius yang bisa mempengaruhi sistem saraf tubuh. Tetanus dapat menyebabkan kekakuan pada otot, kejang-kejang, hingga kematian. Bakteri penyabab tetanus adalah Clostridium tetani yang biasa ditemukan di tanah, puing-puing, kotoran hewan, serta pada kulit manusia.

Oleh karena itu, tetanus dianggap mematikan karena bisa menyebabkan kematian. Untuk menghindari semua itu, seseorang harus segera disuntik tetanus jika seandainya mendapat luka oleh benda-benda yang berpotensi ditinggali bakteri Clostridium tetani.

Di samping dapat menyembuhkan, ternyata suntik tetanus juga memiliki efek samping tertentu. Dilansir Boldsky, suntik tetanus dapat menyebabkan demam ringan, kelelahan, nyeri sendi, mual dan nyeri otot.

(Foto: Boldsky)

Selain itu, mungkin pula terjadi pembengkakan, kemerahan, nyeri, dan gatal di area bekas suntikan. Ada juga efek samping tertentu, tapi jarang terjadi. Pasien bisa saja memiliki masalah menelan, pendengaran, dan kesemutan pada tangan dan kaki, kejang dan melemahnya otot.

Untuk masalah yang lebih serius, suntik tetanus dapat menyebabkan ruam atau gatal-gatal, bengkak pada wajah, lidah dan tenggorokan. Beberapa pasien mungkin merasa pusing dan mengalami kesulian dalam bernafas.
X