Ini Arti Garis Putih Dan Kuning Di Jalanan Yang Wajib Kamu Ketahui

Foto: Scoopwhoop.com
(Foto: Scoopwhoop.com)

Di Indonesia, banyak pengendara yang suka mengabaikan aturan yang sudah ada. Misalnya saja mematuhi garis yang biasa ditemukan di tengah jalan. Perlu kamu ketahui, garis itu bukan sekedar pembatas saja, tapi ada makan lain di balik garis tersebut.

Kira-kira kamu tahu tidak apa maknanya? Sudah kuduga, kalian tidak tahu. Bagi yang belum tahu wajib menyimak ulasan di bawah ini yang sudah Wow Menariknya sajikan untuk Anda.

Garis putih tanpa putus-putus


Di jalan, kamu pasti melihat garis putih yang lurus tanpa ada putus-putus, lalu ada juga yang putus-putus. Keduanya memiliki arti yang berbeda. Garis putih tanpa putus-putus memberitahu kepada para pengendara untuk tidak menyalip kendaraan lain dan pengendara harus tetap berada di jalur.

Garis putih yang putus-putus


Kebalikannya, garis putih yang putus-putus mengizinkan para pengendara untuk menyalip kendaraan lai tapi dengan mempertimbangkan kondisi dari arah berlawanan.

Satu garis kuning tanpa putus-putus


Meski jarang ditemukan di Indonesia, tapi alangkah baiknya kamu mengetahui tentang garis kuning. Biasanya ditemukan di negara-negara Eropa. Siapa tahu nanti kamu ke sana, dengan mengetahui ilmunya, kamu tidak akan melanggar.

Artinya, Anda boleh menyalip tapi dengan syarat tidak keluar dari garis kuning. Dalam kata lain, Anda hanya bisa menyalip kendaraan yang berada di garis putih.

Dua garis kuning tanpa putus-putus


Dua garis kuning ini tidak mengizinkan pengendara untuk menyalip kendaraan lain yang ada di depannya.

Satu garis kuning yang putus-putus


Pengendara diizinkan untuk menyalip dengan syarat harus memperhatikan kondisi kendaraan lain.

Satu garis kuning tanpa putus-putus dengan satu garis kuning yang putus-putus


Di beberapa negara, ada garis jalan seperti model ini. Artinya, jika kamu berkendara di sebelah garis kuning yang putus-putus, maka kamu diizinkan untuk menyalip. Jika kamu berkendara di sebelah garis kuning yang tidak putus-putus, kamu tidak diizinkan untuk menyalip.

Tapi beberapa kota di Indonesia, ada garis jalan yang seperti ini tapi dalam warna putih. Artinya sama-sama saja.

Yellow Box Junction


Di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Bandung, sudah ada garis kuning berbentuk kotak yang biasanya ditemukan di persimpangan jalan. Namanya adalah Yellow Box Junction. Banyak yang masih belum paham dengan garis kuning yang satu ini.

YBJ berfungsi untuk mencegah agar lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. Saat arus lain padat, pengendara cenderung menerobos lampu lalu lintas. Nah, di sini YBJ berfungsi mencegah kendaraan lain untuk tidak melewati garis ketika terjadi kepadatan kendaraan terjadi di area YBJ.
X