Geta, Robot Parkir Otomatis Yang Akan Memarkirkan Mobil Anda

Geta (Foto: Nextshark)
Geta (Foto: Nextshark)

Sekelompok penemu yang berbasis di Shenzhen, Cina, sedang mengembangkan teknologi robot canggih yang secara otomatis akan memarkirkan mobil untuk Anda.

Robot yang dikembangkan oleh Yee Fung Automation Technology ini disebut Geta (Get a Car). Robot Geta adalah robot parkir otomatis yang berbentuk seperti papan seluncur yang bisa mengangkat mobil dan kemudian memarkirkannya secara otomatis.

Geta dikendalikan dengan laser yang kemudian secara otomatis akan memilih tempat parkir sesuai yang diinginkan pemilik mobil. Robot ini tidak memerlukan rel, melainkan mampu menavigasi sendiri dan bergerak ke semua arah. Hanya butuh waktu dua menit bagi Geta untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Robot Geta (Foto: Nextshark)

Robot parkir dirancang untuk menambah ruang parkir. Robot bisa kemana-mana dan akan mereformasi parkir di masa depan," kata kepala eksekutif Yee Fung Marco kepada Reuters, seperti dilansir dari Nextshark (12/7).

Untuk mengembangkan teknologi ini diperkirakan memakan dana sampai 1 juta yuan paling sedikit. Robot parkir ini sengaja dikembangkan untuk mengantisipasi masuknya lebih dari 200 juta mobil di daratan Cina.

"Ada banyak perusahaan yang tertarik dengan produk kami, seperti perusahaan properti komersial dari Singapura dan London, perusahaan parkir umum di Timur Tengah," tambah Marco.

Wah, semoga saja robot Geta juga ada di Indonesia nanti. Biar pengguna mobil tak perlu susah lagi parkir ditambah takut tergores.

X