Duh, Messi Dipenjara 21 Bulan Gara-Gara Hal Ini

Lionel Messi (Foto: Daily Mail)
Lionel Messi (Foto: Daily Mail)

Bintang sepakbola Lionel Messi dijatuhi hukuman 21 bulan penjara atas tuduhan penggelapan pajak pada hari Rabu (6/7/2016) kemarin di sebuah pengadilan di Spanyol.

Pengadilan Catalan juga memberikan denda kepada stiker Barceolana itu senilai 1,7 juta poundsterling (Rp 29 miliar). Ia beserta ayahnya, Jorger dituduh tiga dakwaan penipuan pajak, tetapi mereka berencana mengajukan banding ke Mahkamah Agung Spanyol, demikian mengutip laman Daily Mail (7/7).

Di bawah hukum Spanyol, hukuman penjara di bawah dua tahun dapat dilayani di bawah masa percobaan yang berarti Messi dan ayahnya tidak akan dijebloskan ke dalam penjara.

(Foto: Daily Mail)

Selama persidangan bulan lalu, Messi dan ayahnya membantah melakukan kesalahan. Keduanya mengatakan ada pihak yang bermain-main dan tidak mengetahui masalah tentang pajak yang mengarah pada tuduhan penipuan.

Namun pengadilan dan jaksa setuju bahwa Messi beserta ayahnya melakukan kecurangan untuk mengurangi beban pajak mereka. Pemeriksa pajak bersaksi bahwa mereka menemukan ayah Messi menggunakan perusahaan-perusahaan di beberapa negara, seperti Uruguay, Swiss dan Belize untuk mengurangi pajak atas penghasilan yang diperoleh Messi. Namun, ayah Messi mengklaim bahwa praktik itu sah menurut penasihat hukumnya.

(Foto: Daily Mail)

Pihak Barcelona sendiri mengeluarkan pernyataan untuk memberikan dukungannya kepada Lionel Messi dan ayahnya. Mereka mengatakan bahwa Messi tidak bertanggung jawab atas masalah ini.
X