Di Masa Depan, Susu Kecoa Akan Jadi Superfood Paling Bergizi

Ilustrasi susu kecoak (foto: metro.co.uk)

Siapa sih yang tidak takut dengan hewan kecil yang suka tinggal di tempat kotor ini? Hampir semua orang tidak suka dengan kecoa, bahkan kita kerap membunuhnya jika terlihat berkeliaran di rumah. Tapi kali ini berpikirlah dua kali sebelum membunuh kecoa, kenapa?

Tim ilmuwan dari Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medice India, seperti dilansir National Geographic (28/7), menemukan bahwa di masa depan nanti, susu kecoa akan jadi superfood paling bergizi di muka bumi.

Hampir semua kecoa berkembang biak dengan cara bertelur, tapi spesies kecoa Diploptera punctate menjadi pengecualian karena spesies kecoa ini berkembang biak dengan cara melahirkan. Kecoa D. punctate memiliki susu yang mengandung kristal padat protein untuk menyusui anaknya.

"Awalnya , kami tidak percaya kristal ini merupakan kristal protein," kata Subramanian Ramaswamy, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi.

Setelah dilakukan penelitian terhadap kristal tersebut dengan menggunakan sinar-X, terungkap bahwa susu kecoa termasuk zat paling bergizi dan sarat kalori.

Kristal yang terdapat dalam susu kecoa mengandung lemak, gula, asam amino, dan nutrisi lain yang empat kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi.

Namun karena kecoa tidak memiliki puting dan tidak dapat diperah layaknya susu sapi, para ilmuwan menuturkan susu kecoa akan diolah menjadi semacam ragi.

Jika di masa depan nanti ada susu kecoa, kamu berminat meminumnya?
X