Benarkah Pokemon Memiliki Arti Aku Yahudi?

Pokemon (foto: Rockybytes.com)

Permainan Pokemon Go memang sedang heboh-hebohnya dimainkan banyak orang di seluruh dunia. Tapi seperti biasa, kepopuleran tak lepas dari isu miring. Begitupun dengan game besutan Nintendo ini.

Akhir-akhir ini media sosial sedang ramai memperbincangkan tentang permainan Pokemon Go yang dianggap identik dengan Yahudi. Kenapa demikian? Sebab Pokemon jika diartikan memiliki arti "Aku Yahudi" dalam bahasa Syriac.

Sekitar tahun 2001, pemerintah Irak melarang keras menayangkan film kartun Pokemon karena memiliki arti bahasa yang terlarang, termasuk nama-nama monster yang ada dalam Pokemon.

Mengutip dari berbagai sumber, dalam bahasa Syriac atau Suryani, Pokemon memiliki arti "Aku Yahudi", sementara Pikachu memiliki arti "Jadilah Yahudi", dan Charmander memiliki arti "Tuhan itu lemah".

(foto: digitalspyuk.com)

Tak hanya Irak yang dulu melarang keras film Pokemon, sejumlah negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Oman, Yordania dan Mesir juga mengaitkan Pokemon dengan hal-hal yang berbau anti-Islam, demikian menurut artikel yang dipublikasikan LA Times pada 24 April 2001, seperti dilansir dari Brilio.

Namun banyak pihak yang membantah tuduhan tersebut. Sebab, tidak ada bukti pasti kalau Pokemon jika diartikan memiliki makna yang dianggap menghina Islam. Lantas apa arti Pokemon yang sebenarnya?

(foto: zam.com)

Menurut situs Pokemondb.net, Pokemon dan nama-nama monster yang ada merupakan gabungan dari Pocket Monster yang berarti monster saku. Dalam makna yang lebih luas menunjukkan kalau monster-monster Pokemon sangat kecil sampai bisa dimasukan ke dalam saku.

Sementara Pikachu, monster paling populer dalam Pokemon ini terdiri dari dua kata, yaitu Pika dan Chu. Pika berarti tikus, sedangkan Chu berasal dari bahasa Jepang yang berarti mencicit. Seperti yang kita tahu, Pikachu memang mirip dengan seekor tikus.

Charmander (foto: pokemon.wikia.com)

Lalu untuk nama Charmander terdiri juga dari dua kata, yaitu Cha yang berarti membakar, dan Salamander yang berarti kadal amfibi. Jadi, Charmander adalah kadal amfibi yang bisa membakar.

Bagaimana menurut kamu?
X