Begini Cara Sehat Makan Mie Instan

Mie rebus

Hampir semua orang menyukai makan mie instan. Selain cara membuatnya yang mudah dan praktis, mie instan juga terbilang sangat murah. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Namun, mie instan bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Kandungan sodium yang terlalu tinggi di dalamnya bisa meningkatkan risiko darah tinggi, yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, bumbu yang biasa dicampurkan dalam mie instan mengandung senyawa yang dapat menyebabkan kanker.

Lalu bagaimana cara aman mengkonsumsi mie instan? Sebenarnya ada beberapa cara agar Anda bisa sedikit menetralisir racun-racun berbahaya dalam mie instan, tapi dengan syarat Anda jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Berikut simak ulasannya di bawah ini.

Buang air rebusnya


Mie instan memiliki lapisan lilin yang membuatnya tidak lengket atau menggumpal. Ketika direbus, sebagian lapisan lilin tersebut akan larut dalam air. Oleh karena itu, Anda harus membuang air rebus pertama yang Anda gunakan untuk merebus mie, kemudian ganti dengan air rebus yang baru.

Tambahkan sayuran


Sayuran dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh Anda akibat dari makan instan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda memasukan sayuran hijau ke dalam mie instan. Tapi ingat, jangan terlalu matang memasak sayurannya.

Jangan setiap hari memakan mie instan

Lapisan lilin biasanya akan larut setelah tiga hari. Jika Anda mengkonsumsi mie instan setiap hari, maka lapisan lilin dalam tubuh Anda akan menumpuk, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pencernaan, sakit perut dan sebagainya.

Jadi, beri jeda waktu Anda makan mie instan, minimal 3 hari sekali. Lebih baik lagi seminggu sekali.
X