7 Tips Ampuh Atasi Masalah Insomnia


Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Kelainan ini akan berakibat tidak baik pada kesehatan kita, ketika tubuh kita kurang tidur maka akan mengganggu fisik yang baik dan kesehatan mental kita. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami kesulitan untuk tidur atau Insomnia.

1. Gula atau Madu

Gula disini bukan berarti sepotong kue harus Anda santap pada saat menjelang tidur, namun sedikit gula atau madu setengah jam sebelum Anda tidur dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

2. Segelas Susu

Segelas susu dengan beberapa karbohidrat seperti roti panggang dapat membuat Anda rileks dan menginduksi tidur yang lebih baik. Susu, keju, tuna dan kedelai mengandung tryptophan yang merupakan agen yang dapat menenangkan dan dapat membantu dalam mendorong tidur.

3. Menghirup Aroma-Aroma Relaksasi

Lavender adalah aroma yang harum untuk dihirup. Kita bisa menyemprotkan bebauan tersebut pada bantal dan pakaian yang Anda kenakan saat tidur. Dengan parfum ini tidak ada efek samping yang ditimbulkan pada pernafasan justru hal tersebut akan membawa Anda ke dalam tidur yang begitu nyenyak. 

4. Secangkir Teh Hijau

Manfaat kesehatan tampaknya terus berkembang. Teh hijau adalah obat yang sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur. Sebab di dalam teh hijau terdapat asam amino L-theanine yang merupakan pemasok tidur yang baik. 

5. Tidak Mengkonsumsi Kafein

Perlu tidur malam yang baik? Pastikan untuk tidak mengkonsumsi apa saja yang mengandung kafein 4 jam sebelum tidur. Kafein biasanya ditemukan di dalam kopi, minuman soda dan beberapa obat-obatan.

6. Mengurangi Jam Tidur Siang

Jika Anda adalah seorang insomniac, kemungkinan besar Anda akan merasa mengantuk di siang hari. Jangan biarkan diri Anda tertidur 3-4 jam pada siang hari karena hal tersebut akan membuat Anda sulit untuk tidur di malam hari. Anda boleh tidur siang tetapi dengan jangka waktu sekitar 20-30 menit saja. Percayalah Anda akan tertidur pulas pada malam hari. 

7. Mandi Air Hangat Sebelum Mandi

Membersihkan tubuh pada malam hari sebelum Anda pergi tidur dengan menggunakan air hangat ditambah wewangian seperti lavender dapat membantu Anda lebih mudah untuk tidur. Efek menenangkan yang berasal dari  air hangat yang akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.
X