7 Hal Mengerikan Tentang Dunia Penerbangan Yang Belum Kamu Ketahui

Ilustrasi kecelakaan pesawat (foto: shoebat.com)

Terbang dengan menggunakan pesawat memang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat atau laut. Namun, semuanya juga memiliki risiko yang sama akan terjadi kecelakaan.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional melaporkan 30 persen penumpang dari 1 juta penerbangan meninggal karena kecelakaan. Karena hal itulah, dunia penerbangan terbilang sangat berbahaya dan rawan terjadi kecelakaan. Bahkan, kebanyakan kecelakaan pesawat tidak menyisihkan satu pun korban yang selamat.

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab kecelakaan pesawat, seperti human error atau kesalahan teknis. Tapi selain itu masih ada fakta-fakta lain yang lebih menakutkan tentang dunia penerbangan yang mungkin belum kamu ketahui. Simak ulasannya berikut ini seperti dikutip Wow Menariknya dari The Richest.

7. 11 Menit paling berbahaya saat mendarat

(foto: therichest.com)

Tiga menit pertama setelah mendarat dan delapan menit sebelum mendarat merupakan menit-menit paling menakutkan di mana 80 persen kecelakaan pesawat terjadi pada menit itu.

Pada menit-menit itu, pilot harus membuat keputusan dan mulai mengambil tindakan. Kadang-kadang pilot melakukan kesalahan dan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Perlu Anda ketahui, 50 persen dari kecelakaan pesawat disebabkan oleh kesalahan pilot.

6. Jika dipesawat ada bom, itu sama saja dengan menunggu ajal

(foto: therichest.com)

Pihak pesawat tidak akan memberitahu penumpang kalau seandainya ada ancaman bom di dalam pesawat, kenapa? Karena tidak ada gunanya. Penumpang tidak akan bisa melarikan diri dari pesawat, apalagi ketika sedang berada di atas Samudera Atlantik. Ketika benar-benar ada bom di dalam pesawat, itu sama saja dengan menunggu kematian.

5. Pesawat pada umumnya terkena sambaran petir saat terbang

(foto: therichest.com)

Mendengar tentang sambaran petir memang sangat menakutkan. Tak heran jika pesawat yang berada di ketinggian puluhan ribu kaki lebih rentan terkena sambaran petir. Ya, pada umumnya pesawat selalu terkena sambaran petir hanya saja tidak teratur. Namun sambaran tersebut tidak terlalu membahayakan penerbangan, tapi yang membahayakan jika petir menyambar bagian mesin pesawat.

4. Pilot tidur di tengah-tengah penerbangan

(foto: therichest.com)

Menurut sebuah survei, 40-50 persen pilot Eropa menghabiskan waktu dengan tidur di tengah-tengah penerbangan. Fakta yang lebih mengejutkan lagi, ketika pilot terbangun, co-pilot nya juga ikut tertidur. Itu berarti selama pilot tidur, tidak ada yang memegang kendali pesawat.

Walau pesawat sekarang dilengkapi dengan sistem autopilot, tapi tetap saja jika pilot dan co-pilot nya tertidur, bisa saja terjadi kecelakaan tak diduga-duga.

3. Anda hanya punya 90 detik untuk menyelamatkan diri dari pesawat yang terbakar

(foto: therichest.com)

Federasi Administrasi Penerbangan menyebutkan kalau ada 90 detik untuk menyelamatkan diri dari pesawat yang terbakar. Menurut sebuah studi, jika Anda duduk di baris ke lima dari pintu keluar, keselamatan Anda benar-benar sedang terancam. Jadi, duduk lebih dekat dengan pintu keluar lebih aman lagi.

2. Satu dari 10 kecelakaan pesawat disebabkan oleh sabotase

(foto: therichest.com)

Sekitar satu dari sepuluh kecelakaan pesawat disebabkan oleh sabotase, entah itu karena bom atau pembajakan. Biasanya pelaku sabotase adalah teroris yang menuntut apa yang mereka inginkan dengan mengancam akan meledakan pesawat. Yang lebih bahaya lagi jika ada teroris yang siap melakukan bom bunuh diri di dalam pesawat.

1. Kebanyakan tubuh korban kecelakaan tidak ada yang tersisa

(foto: therichest.com)

Fakta mengerikan ketika terjadi kecelakaan pesawat, kemungkinan besar jasad para penumpangnya sulit dikenali karena tubuh mereka juga ikut hancur. Satu-satunya yang mungkin tersisa adalah cetakan kaki para penumpang. Oleh karena itu, pihak berwenang selalu menggunakan cetakan kaki untuk mengidentifikasi korban kecelakaan.
X