4 Hal Mengerikan Yang Akan Terjadi Jika Anda Mendonorkan Organ Tubuh

Ilustrasi (foto: Boldsky)

Hampir seluruh unit medis membutuhkan organ tubuh manusia yang bisa ditransplantasi untuk menyelamatkan kehidupan seseorang. Bila biasanya organ tubuh didapat dari orang yang sudah meninggal, tapi ada juga yang dengan sukarela mendonorkan organ tubuhnya.

Banyak orang di beberapa negara yang bahkan rela menjual organ tubuhnya hanya demi mendapatkan uang. Padahal, keputusan seperti itu bisa mengancan keselamatannya sendiri. Ketika seseorang kehilangan salah satu organ tubuhnya, maka fungsi tubuhnya tidak akan sama seperti dulu lagi.

Akan terjadi banyak masalah kesehatan yang dialami orang yang pernah mendonorkan organ tubuhnya. Berikut beberapa hal mengerikan yang akan terjadi jika Anda mendonorkan organ tubuh.

4. Mengalami nyeri yang hebat

Ada kasus orang yang mengalami nyeri yang amat hebat setelah melakukan donor ginjal. Rasa sakit yang dialami seperti ketika dioperasi tanpa diberi obat bius terlebih dahulu. Namun, rasa sakit ini hanya terasa pada awalnya. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit itu mulai memudar.

3. Gumpalan darah

Risiko lain yang sering dialami pendonor adalah saluran darah mereka mengalami penggumpalan sehingga darah tidak mengalir dengan bebas. Akibatnya, Anda mudah merasa pusing, lelah dan bahkan sakit. Yang perlu dilakukan pendonor hanyalah beristirahat total dan jangan terlalu melakukan banyak aktivitas berat.

2. Terkena infeksi

Luka bedah dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut di daerah yang dioperasi. Untuk memastikan tubuh tidak terinfeksi, pastikan melakukan cek-up ke dokter.

1. Gagal Ginjal

Ginjal adalah organ yang paling banyak didonorkan karena jumlahnya ada dua. Meskipun satu hilang, ginjal masih bisa berfungsi. Tapi tetap saja ada risiko besar jika salah satu ginjal hilang. Rata-rata orang yang mendonorkan ginjalnya akan mengalami gagal ginjal. Jika ginjal yang satu lagi sudah tidak berfungsi lagi, siapa yang akan mencuci darah?
X