Terlalu Sering Selfie Ternyata Dapat Menyebabkan Penuaan Dini


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap fenomena sosial di masyarakat, salah satu dampaknya adalah trend selfie yang sudah melekat dengan hati masyarakat.

Selfie (self portrait) adalah cara sederhana seseorang dalam mengabadikan momentum tentang diri sendiri. Dan banyak orang yang melakukan selfie untuk diunggah ke jejaring sosial sehingga semua pengikutnya bisa mengetahui apa yang terjadi pada dirinya.

Mungkin Anda termasuk orang yang begitu menyukai selfie dan sebaiknya Anda menyimak pendapat dari dokter kecantikan ini. Sebab, menurutnya selfie dapat mempercepat penuaan.

Dr Simon Zokaie, Direktur Media Linia Skin Clinic, seperti dilansir Vogue, mengungkap bahaya dibalik selfie. Simon mengatakan kulit bisa mengalami kerusakan jika Anda teratur mengekspos wajah dengan cahaya biru dan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh smartphone.


“Saya memperhatikan ada kerusakan pada kulit mereka yang sering melakukan selfie. Kulit mereka mulai mengalami penuaan,” ungkap Simon.

Menurut Simon, panjang gelombang radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel pintar sangat berbeda dengan sinar yang berasal dari matahari, sehingga tabir surya pun tidak bisa menghalanginya.

"Bahkan cahaya biru yang dihasilkan dari layar dapat merusak kulit,” ujarnya.

Oleh sebab itu, terlalu sering melakukan foto selfie dapat menyebabkan penuaan dini sehingga wajah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya. Jadi, jika ingin awet muda jangan terlalu sering melakukan selfie.
X