Pria Kristen Di Israel Ini Bantu Bangunkan Muslim Untuk Sahur

Michael Ayoub (Foto:Haaretz)

Israel dikenal sebagai negara yang anti-Islam, namun siapa sangka ada beberapa warganya yang toleran terhadap umat Muslim di negaranya. Seperti pria bernama Michael Ayoub ini yang selalu membantu membangunkan umat Muslim untuk sahur selama bulan Ramadhan.

Setiap pukul 02:00 pagi di sekitar Abboud, di kota Acre, Israel, Ayoub selalu keliling desa membangunkan para warga yang bergama Islam untuk segera makan sahur. Ia juga tak lupa mengenakan sorban di kepalanya dan pakaian khas Arab, serta membawa sebuah drum dan tongkat ketika akan mulai melakukan aktivitasnya itu.

Ia berjalan melewati jalan gang kecil dan mulai menabuh drumnya sambil menyanyikan sesuatu dalam bahasa Arab. "Anda yang tertidur, bangun, nyatakan loyalitas Anda kepada Allah dan bangun untuk makan saat fajar (sahur)."

Dilansir dari Haaretz, tradisi membangunkan umat Muslim saat sahur selama bulan Ramadhan adalah tradisi yang sudah berlangsung sejak seribu tahun yang lalu. Dan Ayoub melakukan ini dengan sukarela selama lebih dari satu dekade terakhir meski ia bergama Kristen.

"Saya menunggu Michael setiap tahun, itu bagian dari tradisi," ujar Mohammed Omar, salah satu warga sekitar.

"Ada yang tetap tidur dan tidak peduli. Dan ia (Ayoub) tetap melakukannya, itulah alasan mengapa semua orang menghormatinya," tambah Omar.

Momen hangat ketika Ayoub makan bersama keluarga Muslim (Foto: Haaretz)

Setelah selesai melaksanakan tugasnya, Ayoub bisanya mampir di rumah Ahmed Askeri, salah satu warga sekitar, kemudian ikut makan bersama keluarga Muslim. Dia kemudian diminta untuk datang lagi ke kota mereka untuk membangunkan para warga saat sahur tiba.

Lalu Ayoub menjawab, "Insya Allah, saya akan datang pada hari Jumat dan minggu depan."
X