Pria Ini Langgar Aturan Agamanya Demi Selamatkan Anjing Yang Tenggelam

Sarwan Singh menyelamatkan anjing yang tenggelam (Foto: Metro)

Seorang pria penganut agama Sikh rela melanggar aturan agamanya demi menyelamatkan seekor anjing yang tenggelam dengan menggunakan sorbannya.

Pria bernama Sarwan Singh itu rela melepas sorbannya yang sebenarnya tidak boleh dilepas menurut aturan agamanya, kemudian menggunakannya untuk menyelamatkan seekor anjing yang tenggelam di sebuah irigasi di Punjab, India.

Sorban dianggap benda paling suci dalam agama Sikh. Namun Sarwan rela melepaskannya untuk menyelamatkan anjing tersebut. Menurutnya, menyelamatkan nyawa hewan lebih penting.

Dalam sebuah video, Sarwan dengan berani turun ke pinggiran irigasi untuk menyelamatkan anjing itu. Karena tidak bisa berenang, ia terpaksa melepas sorbannya. Sementara orang lain yang melihat terkejut dengan apa yang dilakukan Sarwan.

"Saat saya mulai melepas sorban saya, orang-orang yang melihat di sekitar terkejut. Mereka pikir saya tidak menghargai keyaknan saya," kata Sarwan, seperti dilansir Metro, 7 Juni 2016.

"Tapi apa yang penting pada saat itu adalah menyelamatkan nyawa hewan," tambahnya.

Memakai sorban adalah salah satu dari lima kewajiban yang harus dipenuhi dalam ajaran agama Sikhisme. Sorban hanya boleh dilepas ketika sedang berada di rumah atau sedang mandi.

Setelah Sarwan berusaha keras menyelamatkan anjing itu dengan menggunakan sorbannya, akhirnya anjing tersebut berhasil diselamatkan dan dibawa kembali ke darat.

"Anjing itu ketakutan, jadi saya memberinya makan beberapa biskuit dan membiarkan ia pergi sendiri."
X