Petinju Legendaris Muhammad Ali Meninggal Di Usia 74 Tahun

Muhammad Ali (Foto: BBC)

Petinju legendaris dunia Muhammad Ali, menghembuskan nafas terakhir di usia 74 tahun, pada hari Jumat (3/6/2016) waktu setempat.

Dilansir BBC, Sabtu (4/6), mantan juara tinju kelas berat dunia itu meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, setelah sebelumnya sempat dirawat pada hari Kamis (2/6).

Muhammad Ali menderita penyakit pernafasan ditambah dengan penyakit Parkinson. Pihak keluarga mengatakan dalam sebuah pernyataan, pemakaman Ali akan berlangsung di kediamannya, di Louisville, Kentucky.

(Foto: humberrecruitment.co.uk)

Terlahir sebagai Cassius Marcellus Clay, ia mulai terkenal setelah memenangkan medali emas kelas berat di Olimpiade Roma pada tahun 1960.

Pria yang diijuluki "The Greatest" itu berhasil mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964 untuk memenangkan gelar juara dunia pertamanya dan menjadi petinju pertama yang berhasil merebut gelar kelas berat dunia.

(Foto: BBC)

Tak lama kemudian, ia memutuskan memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali. Ia pensiun pada 1981 setelah memenangkan 56 pertarungan dari total 64 pertarungan yang pernah ia lakoni.

Selain terkenal sebagai seorang petinju handal, Ali juga dikenal sebagai aktivis pembela hak-hak sipil dan juga seorang penyair.

Selamat jalan Muhammad Ali!
X