Langka, Bayi Perempuan Ini Terlahir Tanpa Kulit

Bayi tanpa kulit (Foto: Mirror)

Seorang bayi perempuan terlahir dengan kondisi paling langka di dunia di mana tubuh bagian luarnya tidak memiliki kulit seperti bayi pada umumnya.

Kondisi langka yang disebut Harlequin lchthyosis ini tergolong sebagai penyakit genetik berat yang mengubah kulit ke lapisan yang menyerupai armor. Lapisan tersebut sangat tebal, berwarna putih, dan setiap lapisan dipisahkan oleh celah-celah seperti tanah retak.

Bayi perempuan itu lahir di kota Amravati di negara bagian Maharashtra, India, dari seorang ibu berusia 23 tahun yang tak disebutkan namanya.

Seorang dokter di Lata Mangeshkar College and Hospital, Dr Yash Banait, menjelaskan bahwa bayi itu akan butuh perawatan seumur hidup untuk melembabkan tubuhnya dari luar karena tidak memiliki kulit.

(Foto: Mirror)

Ia mengatakan pihak dokter menggunakan jelly petroleum dan minyak kelapa untuk memberikan bayi tersebut suplemen gizi khusus.

"Tidak ada kulit pada tubuh, sehingga pencangkokan kulit tidak mungkin dilakukan. Tetapi bayi belum mengalami permasalahan pada pernafasannya sehingga ia harus disimpan di dalam ventilasi," ujar Dr Yash, seperti dilansir Mirror.

Menurut The Indian Express, bayi perempuan itu lahir dengan dua lubang kecil di hidungnya, kelopak matanya juga terbalik dan tidak ada telinga.

Bayi itu memiliki bobot 1,8 kg ketika ditimbang dan disebut sebagai bayi pertama yang menderita Harlequin Ichthyosis.

Sementara itu, Dr Yash mengatakan kalau tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini sehingga hal terakhir yang biasa dilakukan adalah menjaga bayi itu agar tetap hidup.
X