Kisah Mulyadi, Cleaning Service Jujur Yang Kembalikan Tas Berisi 100 Juta


Mulyadi, pria berusia 32 tahun ini bukan orang yang memiliki jabatan tinggi, ia hanya bekerja sebagai cleaning service toilet di GF mal Kota Kasablangka, Jakarta Selatan. Tapi ia memiliki hati mulia yang sangat jarang dimiliki orang zaman sekarang.

Suatu ketika, ia menemukan sebuah tas kulit di toilet yang biasa dibersihkannya. Tak disangka-sangka, tas tersebut berisi uang Rp 100 juta. Jika Mulyadi memiliki niat jahat, sudah jelas ia akan mengambilnya.

Tapi itu bukan Mulyadi, ia malah mengembalikan tas berisi duit banyak tersebut ke customer service agar dikembalikan kepada pemiliknya.

Pada awalnya ia tidak tahu apa isi tas tersebut, tapi ia tidak berpikiran untuk melihat apa isi tas itu karena sadar barang tersebut bukan miliknya.


Namun Mulyadi dibuat terkejut ketika tas yang ia temukan sebenarnya berisi uang Rp 100 juta. Berkat hatinya yang jujur, Mulyadi mengaku mengembalikan tas itu kepada pemiliknya adalah hal yang tepat.

Karena kejujurannya, Mulyadi sempat ditawari kenaikan pangkat, namun ia dengan rendah hati menolaknya. Bukan tidak mau menerimanya, tapi apa yang telah ia lakukan memang sebuah keharusan tanpa berharap ada imbalan sedikit pun.

Setelah kejadian itu, banyak wartawan dan netizen yang ingin tahu lebih banyak tentang Mulyadi. Ia diketahui merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Dia juga mengatakan bahwa sikap jujurnya berkat didikan orang tuanya dulu.

Mulyadi merantau jauh-jauh dari Lampung ke Jakarta untuk mencari nafkah. Walau gajihnya tak besar, tapi ia tak lupa untuk mengirimkan uang ke orang tua dan adik-adiknya di kampung halamannya.

Kejujuran Mulyadi bisa dijadikan cermin untuk kita semua. Di dunia ini, terutama Indonesia, orang yang pintar dan memiliki jabatan tinggi belum tentu memiliki sifat yang jujur, tapi orang yang tidak memiliki jabatan apapun bisa memiliki sifat jujur. Apakah tidak malu para koruptor?

Di sini kita tahu, orang pintar itu sudah banyak, tapi orang yang jujur masih sedikit!
X