Jangan Ngaku Baik, Kamu Pasti Pernah Melakukan 7 Hal Ilegal Ini

(Foto: Wittyfeed)

Mungkin selama ini kamu menganggap diri kamu tidak pernah melakukan tindakan ilegal yang melanggar hukum. Padahal siapa tahu, kamu pernah melakukan hal ilegal hanya saja kamu tidak menyadarinya.

Tanpa disadari, ada beberapa hal ilegal yang mungkin pernah kamu lakukan dan kamu menganggap hal tersebut biasa-biasa saja. Tapi setelah mengetahui fakta yang sebenarnya, apa yang kamu lakukan itu sebenarnya ilegal alias dilarang.

Berikut seperti dilansir Wittyfeed beberapa hal ilegal yang mungkin pernah kamu lakukan sepanjang hidup kamu. Jika merasa, jangan mengaku orang baik dulu.

7. Menggunakan Ad Blocker

(Foto: Wittyfeed)

Pengguna PC atau smartphone terkadang suka memasang Ad Blocker agar iklan yang biasa tampil di situs-situs web tidak muncul. Sebenarnya, memasang Ad Blocker adalah tindakan ilegal yang jelas dilarang oleh hukum.

6. Melakukan jailbreak pada perangkat iPhone

(Foto: Wittyfeed)

Pengguna iPhone pasti sudah tak asing lagi dengan istilah jailbreak. Ya, jailbreak bisa diartikan sebagai program untuk menghapus batasan yang diterapkan oleh Apple. Seperti yang kita tahu, perangkat Apple seperti iPhone tak leluasa seperti Android. Oleh karena itu para pengguna iPhone kerap kali menggunakan jailbreak agar perangkat iPhone nya jadi leluasa.

5. Menggunakan WiFi tanpa izin

(Foto: Wittyfeed)

Ada kalanya kamu suka membobol jaringan WiFi milik seseorang dan kemudian menggunakannya tanpa izin. Bisa diartikan tindakan seperti ini sejenis dengan pencurian. Tapi kita menganggapnya sepele.

4. Merubah IP Address

(Foto: Wittyfeed)

Banyak orang yang memalsukan IP address mereka untuk alasan tertnetu yang biasanya kurang baik. Misalnya saja, orang Indonesia menggunakan IP address Singapura untuk menambah kecepatan internetnya atau melakukan kejahatan di internet.

3. Menggunakan Nama Palsu Di Internet

(Foto: Wittyfeed)

Kadang, banyak orang yang menggunakan nama dan identitas palsu di akun media sosialnya. Sebenarnya, tindakan ini dianggap ilegal karena bisa digunakan untuk melakukan cybercrime.

2. Menghina Orang Di Jejaring Sosial

(Foto: Wittyfeed)

Seperti yang kita tahu, kasus bullying di media sosial kerap terjadi, contohnya saja di Indonesia. Tapi hati-hati, jika korban bullying melaporkan pelaku kepada pihak berwenang, maka pelaku bullying itu bisa dijerat hukuman dengan tuduhan pencemaran nama baik.

1. Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

(Foto: Wittyfeed)

Ini kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang ketika sedang mengemudi. Menggunakan perangkat seluler saat mengemudi dilarang karena bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain. Tapi masih saja banyak orang yang melakukannya.
X