Intip Asal Mula Kenapa Donat Bagian Tengahnya Bolong

Donat (Foto: boston.com)

Siapa sih yang tidak suka donat? Pasti semua orang suka makanan lezat ini yang tersedia dalam berbagai rasa dan fariasi. Salah satu ciri khas donat yang pasti sama adalah bentuknya bulat dan bagian tengahnya bolong.

Tahu tidak kenapa bagian tengah donat itu bolong? Untuk menjawab pertanyaan itu, Anda harus tahu dulu asal mula donat, baru Anda juga akan tahu kenapa bagian tengah donat bolong.

Seperti dilansir dari Smithsonian.com, donat sebenarnya berasal dari kue asal Belanda yang disebut olikoeks, yang berarti roti goreng.


Pada abad ke-16, bayak pelaut asal Belanda yang mengarungi lautan untuk menuju Amerika. Para pelaut itu biasanya membawa juru masak yang akan membuatkan hidangan olikoeks.

Salah satunya Kapten Hanson Gregory yang melakukan perjalanan laut untuk menuju benua Amerika. Saat dalam perjalanan, tiba-tiba badai besar datang dan menghantam kapal Gregory.

Ketika itu, Kapten Gregory kebetulan sedang makan olikoeks sambil memegang kemudi kapal. Bingung menaruh kuenya, ia pun menancapkan olikoeks miliknya pada salah satu batang kemudi. Hingga akhirnya, tercipta bagian bolong pada kuenya tersebut.

(Foto: todayifoundout.com)

Setelah badai berlalu, Gregory kembali mengambil kuenya tadi dan melihat kuenya itu terlihat lebih menarik setelah ada lubang di tengahnya.

Sejak saat itu, olikoeks berubah nama jadi doughnut, yaitu adonan manis yang dicampur remahan kacang. Hingga sampai saat ini kata doughnut di Indonesia diubah menjadi donat agar mudah diucapkan.

Nah, begitulah asal mula lubang di tengah donat.
X