Inilah Deretan Petinju Kelas Dunia Yang Masuk Islam


Kabar wafatnya petinju legendaris Muhammad Ali membuat dunia terkejut. Banyak orang dari berbagai kalangan yang turut berduka cita atas kepergian petinju yang beberapa kali pernah meraih gelar juara dunia itu.

Ali menjadi salah satu petinju kelas dunia yang memutuskan masuk agama Islam. Selain Ali, masih ada petinju lainnya yang juga memutuskan untuk jadi mualaf. Setelah masuk Islam, mereka semua memutuskan untuk mengganti namanya.

Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun deretan petinju kelas dunia yang memutuskan untuk masuk Islam alias jadi mualaf. Siapa sajakah mereka?

3. Chris Eubank

(Foto: zimbio.com)

Petinju asal Britania Raya ini mengejutkan dunia olahraga ketika ia mengumumkan berpindah keyakinan pada Maret 1997. Setelah jadi mualaf, ia mengubah namanya menjadi Hamdan.

Ia menjadi seorang muslim setelah berhasil mengalahkan petinju asal Kolombia Camilo Alarcon di Dubai pada tahun yang sama. Eubank mulai mendapat hidayah ketika melakukan kunjungan ke Kairo untuk berlaga. Dalam hatinya, ia mendapat ketenangan setelah mengetahui tentang Islam.

2. Mike Tyson

(Foto: pakistaan.pk)

Hidayah memang bisa datang kapan dan di mana saja. Seperti yang terjadi pada Mike Tyson di mana ia mulai mengenal Islam ketika di dalam penjara saat menjalani hukuman kasus pemerkosaan, pada tahun 1992 sampai 1995.

Muhammad Siddeeq, seorang ulama dari Nation of Islam (NOI), organisasi muslim kulit hitam di Amerika Serikat, mengajari Tyson tentang Islam sampai membuat Si Leher Beton itu jadi mualaf.

"Saya senang menjadi Muslim. Allah tidak membutuhkan saya, saya butuh Allah. Saya tidak pernah merasa rendah hati sebelumnya," ujar Tyson kepada FOX411.

1. Muhammad Ali

(Foto: thenation.com)

Muhammad Ali lahir di Kentucky, Amerika, pada 17 Januari 1942. Ketika itu namanya masih belum Muhammad Ali, melainkan Cassius Marcellus Clay Jr.

Dia mulai mengenal Islam setelah akrab berbincang-bincang dengan Malcom X, seorang anggota Nation of Islam (NOI). Karena Islam adalah agama yang tidak membeda-bedakan manusia, di sinilah rasa cinta Ali akan Islam mulai tumbuh.

Hingga akhirnya ia memutuskan masuk Islam beberapa minggu sebelum melawan Sonny Liston pada tahun 1964. Tak lama kemudian, ia mengganti namanya menjadi Muhammad Ali.

Keyakinannya terhadap agama Islam begitu kuat sampai Ali menolak untuk ikut Perang Vietnam dan wajib militer yang membuatnya harus dipenjara.
X