Indonesia Ternyata Punya Ikan Yang Lebih Ganas Dari Piranha

Ikan Toman (Foto: fishinrules.com)

Ikan piranha dianggap sebagai ikan paling mengerikan yang mampu menghabiskan seekor sapi hanya dalam waktu sekejap mata. Ikan yang habitatnya di Sungai Amazon ini biasanya menyerang secara bergerombolan.

Tapi tahu tidak bahwa Indonesia juga memiliki ikan yang tak kalah kejam dengan piranha? Ikan tersebut adalah Giant Snakehead atau juga disebut Toman. Ikan pemakan segala hal ini merupakan asli ikan Indonesia.

Ikan Toman dikabarkan pernah membunuh manusia. Bahkan banyak orang yang menyebutkan bahwa ikan ini lebih ganas dari piranha. Ikan ini memiliki kemampuan unik yakni berjalan di daratan khususnya di malam hari saat musim kemarau.

(Foto: fishingchiangmai.com)

Mereka akan terus berjalan untuk mencari tempat yang masih berair. Jika benar-benar kering, ikan ini terpaksa mengubur dirinya dalam lumpur sampai keadaan berair kembali.

Toman memang memiliki kemampuan unik ini karena ia memiliki organ labirin. Saat tertangkap, ikan ini memiliki mulut yang dipenuhi gigi setajam silet. Ikan ini bahkan tak segan-segan menyerang manusia untuk melindungi anak-anak mereka.

(Foto: megafishingthailand.com)

Dari foto-foto yang beredar, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa ikan ini adalah predator sejati. Kabarnya ikan toman kini telah tersebar di beberapa negara seperti Inggris dan Amerika.

Kini pemerintah Inggris melarang pengimporan predator air yang satu ini. Meski tetap ada kekhawatiran akan penyelundupan snakehead untuk peliharaan di akuarium.
X