Ilmuwan: Minum Air Panas Bisa Sebabkan Kanker


Minum segelas air panas di pagi hari memang nikmat rasanya karena bisa menghangatkan tubuh. Tapi baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa minum air panas bisa menyebabkan kanker.

Dilansir Shanghaiist, Kamis, 23 Juni 2016, studi terbaru yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian dan Kanker menemukan bahwa minum air yang panasnya di atas 149 derajat Farenheit (65 derajat Celcius) dapat meningkatkan risiko kanker esofagus.

Air panas diklaim sebagai penyebab kanker ke delapan di dunia karena cairan panas dapat membakar jaringan-jaringan lembut di tenggerokan dan merusak sel.

Menurut Direktur IARC Dr. Christopher Wild, mengatakan minuman yang sangat panas sekarang digolongkan sebagai minuman karsinogenik bagi manusia.

"Hasil ini menunjukkan bahwa minum minuman yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker esofagus dan bahwa suhu menjadi yang bertanggung jawab daripada minumannya sendiri," katanya.

Kabar ini bisa jadi pukulan berat bagi pecinta kopi dan teh di seluruh dunia. Tapi tenang, asalkan jangan terlalu panas, Anda bisa meminimalisir risikonya.
X