Bukan Pohon, Tapi Ini Yang Menghasilkan Oksigen Terbanyak

(Foto: fotokita.net)

Sejak sekolah dasar, kita sering mendengar bahwa hutan atau pepohonan merupakan penghasil oksigen yang sangat penting abgi kehidupan manusia. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan dibuatnya peraturan tentang penebangan liar.

Padahal, maksud dari peraturan penebangan tersebut bukanlah karena pepohonan merupakan penghasil oksigen terbesar bagi bumi, namun pepohonan memiliki kemampuan untuk menyerap zat karbon dioksida.

Pepohonan menyerap zat karbon dioksida dan cahaya matahari untuk memproses makanan mereka, atau biasa kita kenal sebagai proses fotosintesis. Proses ini juga membutuhkan cahaya matahari.

Jika bukan pepohonan yang menjadi penyokong oksigen, lalu apa yang menjadi pemeran utama adanya oksigen di bumi?

(Foto: nocookie.net)

Jawabannya adalah plankton, dalam hal ini khususnya adalah fitoplankton. Plankton memiliki kemampuan untuk menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang terdapat dalam laut.

Gelembung-gelembung gas tersebut akan terlepas ke udara dan menjadi gas yang bisa kita nikmati sekarang, oksigen. Kemampuan plankton inilah yang membuatnya menjadi penyumbang 80% oksigen di bumi.

(Foto: phys.org)

Hal ini bukan tanpa bukti dan alasan. Dua ilmuwan dari Oceanografi Woods Hole (WHOI) dan Universitas California, Santa Barbara (UCSB) telah membuktikan hal tersebut.

Pepohonan juga tetap penting bagi kehidupan manusia meski perannya menyumbang oksigen hanya 20%, namun pepohonan memiliki fungsi lain yakni untuk menyerap karbon dioksida.
X