Bukan Dari Kulit Hewan, Tas Dan Sepatu Ini Terbuat Dari...

(Foto: Odditycentral)

Polyutherane atau PVC sebelumnya mungkin telah menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan kulit hewan sebagai bahan pembuatan tas dan sepatu. Namun sayang, bahan tersebut jelas tak ramah lingkungan.

Sebuah penemuan terbaru ditemukan oleh Dr. Carmen Hijosa. Ia menamakannya Pinatex atau 'kulit vegan'. Mengejutkan, bahan ini ternyata terbuta dari serat daun nanas. Saat ia berada di Filipina ia menemukan hal baru dari serat daun nanas yang membuatnya terus membuat inovasi untuk pengembahan bahan tersebut.

Setelah bertahun-tahun mencoba hal tersebut, akhirnya sampailah ia pada sebuah karya yang kini dipamerkan di Royal College Art of London. Item-itemnya berbentuk pakaian dan beberpa aksesoris.

Kulit ini terbuat dari serat terikat yang terbentuk dari ekstrak daun nanas sebelum mereka dipotong. Serat ini akan melalui proses produksi yang membuatnya menjadi kain celup, dicetak dan diatur ketebalannya.

Untuk menghasilkan sekitar satu meter persegi kain, butuh sekitar 480 lembar daun nanas. Itu memang terlihat banyak, namun nyatanya tidak menurut Carmen.

Penemuan ini terus dikembangkan untuk terus menekan produksi tas dan sepatu dari kulit hewan dan bahan dasar lain yang mencemari lingkungan. Perusahaan penghasil Pinatex tersebut kini menjadi satu-satunya perusahaan pengrajin serat daun nanas.

Sumber: odditycentral.com
X