Bukan Bulat, 5 Orang Ini Percaya Bumi Itu Datar

Ilustrasi Bui datar (Foto: consciouslyenlighttened.com)

Kita semua tahu planet Bumi itu bentuknya bulat. Namun, kita tahu bahwa Bumi itu bulat dari buku atau gambar, sementara kita tidak pernah melihat planet Bumi secara langsung.

Hal itulah yang membuat beberapa orang ini tidak percaya bahwa Bumi itu bulat. Sebaliknya, mereka percaya Bumi itu memiliki bentuk datar. Namun bagaimanapun, teori mereka tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dikutip Wow Menariknya dari Oddee, berikut orang-orang yang percaya bahwa Bumi itu datar, bukan bulat.

5. Pendeta yang menawarkan uang 5.000 dolar kepada siapa saja yang bisa membuktikan bahwa Bumi itu bulat

(Foto: Oddee)

Pendeta Wilbur Glenn Voliva yang memimpin 6.000 umat Kristen di sebuah gereja kristen katolik di Sion, Illinois pada tahun 1900-an, mendadak terkenal dengan keyakinannya bahwa Bumi itu datar.

Ia bahkan menawarkan uang 5.000 dolar kepada siapa saja yang bisa membawakan bukti bahwa Bumi itu bulat. Tak hanya itu, ia juga sempat meramalkan akhir dunia pada tahun 1923, 1927, 1930, 1934 dan 1935. Dan semua ramalannya salah total.

Voliva didiagnosa menderita kanker terminal pada tahun 1942. Saat itu ia membuat pengakuan kepada para pengikutnya bahwa ia telah menyalahgunakan dana gereja untuk kepentingan pribadi. Setelah ia meninggal, gereja yang dipimpinnya dibubarkan.

4. Bintang sosial media yang percaya bahwa Bumi itu datar

(Foto: Oddee)

Pada bulan Januari 2016, bintang sosial media Tila Tequila membuat pernyataan mengejutkan di Twitter, di mana ia percaya sekali bahwa itu datar bukan bulat.

"Ini tahun 2016 dan tidak ada yang bisa membuktikan kepada saya bahwa Bumi itu bulat. Di mana kelengkungannya di cakrawala? #FlatEarth," tulisnya.

3. Presiden yang kecewa bahwa Bumi itu sebenarnya bulat

(Foto: Oddee)

Pada tahun 1900, Presiden Republik Transvaal, Paul Kruger sedang melakukan perjalanan dengan kapal perang Belanda setelah ia diasingkan dan diundang oleh seorang kapten.

Sebagai anggota dari fundamentalis Gereja Reformasi belanda, Kruger percaya sepenuhnya bahwa sudut Bumi itu datar. Tapi kepercayaannya mulai terguncang ketika ia tahu bahwa kapal bisa mengapung atas dasar Bumi berbentuk bulat. Kecewa, ia pun langsung melemparkan Alkitab nya ke laut.

2. Organisasi yang sampai sekarang yakin bahwa Bumi itu datar

(Foto: Oddee)

Seorang pria asal Inggris bernama Samuel Shenton menciptakan sebuah organisasi yang dipanggil International Flat Earth Research Society pada tahun 1956.

Tujuan organisasi ini adalah untuk mencegah anak-anak sebelum mereka yakin bahwa Bumi itu bulat. Setelah Samuel meninggal pada tahun 1971, kedudukannya digantikan oleh Charles K. Johnson.

Ia terus membangun organisasi ini sampai memiliki 3.000 anggota dan mereka menghabiskan bertahun-tahun melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa Bumi itu datar. Sampai ia meninggal, tidak ada bukti bahwa Bumi itu datar.

1. Teroris Boko Haram

(Foto: Oddee)

Kelompok ekstrimis Boko Haram menjadikan guru sebagai target mereka, jika seandainya guru itu mengajarkan para siswa di Nigeria bahwa Bumi itu bulat.

Mereka percaya bahwa Bumi itu datar berdasarkan curah hujan. Menurut mereka, curah hujan bukan dihasilkan oleh penguapan melainkan oleh Tuhan secara langsung.
X