Berbahaya, Jangan Isi Tangki Bensin Mobil Sampai Penuh!

Ilustrasi mengisi bensin mobil (Foto: pexels.com)

Karena alasan malas untuk bolak-balik ke tempat pengisian bensin, beberapa pengendara mobil biasanya mengisi tangki bensinnya hingga penuh. Namun ternyata, mengisi tangki bensin sampai penuh memiliki dampak negatif.

Biasanya sebuah tangki bensin akan dirancang dengan luabng udara untuk mencegah tangkinya rusak akibat bensin yang terlalu penuh. Jika pengisian terlalu penuh, maka bensin akan mudah meluap melalui lubang tersebut.

Hal ini jelas sangat berbahaya apalagi saat cuaca tengah terik karena kondisi panas yang dihasilkan mobil dan cuaca terik dapat mengakibatkan mobil terbakar yang jelas membahayakan keselamatan pengendara.

Lubang udara pada tangki pun akan mengalami kerusakan jika mobil terus menerus diisi penuh bensin. Sesaat setelah mengisi bensin biasanya akan tercium bau bensin yang sebenarnya merupakan bensin yang keluar dari tangki karena bensin penuh akan cepat menguap.

Aroma bensin tersebut mengandung zat karsinogenik yang juga terkandung dalam rokok. Zat ini akan mengendap dalam tubuh dan merusak organ dalam terutama paru-paru. Akibatnya paru-paru akan berlubang dan mengakibatkan kanker.
X