Benarkah Mencuci Piring Dapat Membersihkan Pikiran?

(Foto : jezebel.com)
Mencuci piring menjadi pekerjaan sehari-hari yang terkadang menyusahkan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang merasa risih dan malas saat melakukannya. Namun sebuah penelitian membuktikan bahwa mencuci piring dapat memebersihkan pikiran. Bagaimana bisa?

Penelitian yang dilakukan di Florida State University ini dilakukan oleh sekitar 51 partisipan. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa mencuci piring dapat menurunkan ketegangan hingga 23% serta kondisi mental juga meningkat 25%.

Dilansir Wall Street Journal, hasil penelitian ini membuktikan bahwa mencuci piring dapat mencerahkan dan membersihkan pikiran dari hal-hal yang mengganggu.

Ketika mencuci piring, maka pikiran seseorang akan terfokus pada bau sabun dan sentuhan terhadap piring atau alat makan lainnya.

Hal ini dikabarkan secara signifikan akan menurunkan ketegangan dan meningkatkan rangsang otak terhadap pengendalian diri. Mencuci piring secara perlahan juga dapat meningkatkan rasa senang yang bertahan lama.

Percaya atau tidak, mencuci piring terutama dengan perlahan dan sepenuh hati dapat memberikan rasa nyaman dan merasakan kedamaian. Efek yang dirasakan hampir sama dengan efek dari meditasi.
X