5 Pasukan TNI Yang Paling Ditakuti Dunia

Kopassus (Foto: terbitsport.com)

Kebanyakan orang hanya tahu Kopassus sebagai pasukan terbaik yang dimiliki oleh TNI. Menurut Discovery channel military edisi 2008, Kopassus menduduki peringkat ke-3 sebagai pasukan terbaik di dunia. Tak heran jika Kopassus begitu ditakuti dunia.

Namun selain Kopassus, TNI memiliki pasukan-pasukan lain yang tak kalah hebat dan kuat. Mereka juga sanggup membuat dunia gemetar ketakutan dengan kemampuan perang mereka yang handal. Mereka dibekali dengan kemampuan khusus yang tak dimiliki oleh anggota TNI pada umumnya

Langsung saja, berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun informasi tentang pasukan-pasukan TNI yang paling kuat yang bisa membuat dunia merinding ketakutan.

5. Kopaska

(Foto: jpnn.com)

Kopaska adalah singkatan untuk Komando Pasukan Katak. Pasukan ini didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soeharto. Sesuai namanya, tugas mereka adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, merebut pangkalan pantai, dan memperkuat pasukan amfibi. Jika kemampuan mereka diukur, 1 Kopaska setara dengan 24 TNI.

4. YonTaifib

(Foto: wordpress.com)

Batalyon Intai Amfibi atau YonTaifib merupakan satuan elit dalam Korps Marinir. Untuk menjadi anggota Yontaifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan memiliki jam terbang tinggi.

Yontaifib memiliki tugas pokok untuk menyediakan kekuatan serta membina kemampuan amfibi maupun darat dan operasi-operasi khusus. Pelatihan yang dilakukan anggota Yontaifib juga sangat ekstrim, salah satunya adalah berenang dengan kondisi tangan dan kaki terikat sejauh 3 km.

3. Denjaka

(Foto: aktualita.co)

Detasemen Jala Mangkara atau disingkat Denjaka merupakan pasukan khusus Angkatan Laut TNI yang merupakan gabungan antara personel Kopaska dan YonTaifib. Pasukan ini mempunyai tugas pokok membina antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai.

Anggota Denjaka dituntut harus memiliki kecepatan, kerahasiaan dan memiliki keterampilan mendekati sasaran melalui laut, bawah laut dan bahkan dari udara.

2. Denbravo-90

(Foto: okezone.com)

Detasemen Bravo 90 (Denbravo-90) merupakan satuan pelaksana operasi khusus Korps Pasukan Khas yang bertugas melaksanakan operasi intelejen, melumpuhkan instalasi musuh dalam mendukung operasi udara dan penindakan teror bajak udara. Mereka dikatakan mampu menyelamatkan sandera hanya dalam waktu 2 menit saja.

1. Kopassus

(Foto: harnas.co)

Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan unit tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di medan yang sulit, menembak sasaran dengan tepat, pengintaian dan anti teror.

Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus mampu menangani tugas-tugas yang sangat berat, seperti operasi penumpasan DI/TII, G30S/PKI, dan masih banyak lagi. Bahkan, dunia mengakui kekuatan Kopassus sebagai pauskan terkuat ke-3 di dunia.
X