4 Hal Ini Bisa Buktikan Seseorang Sedang Berbohong


Semua orang pasti pernah berbohong, entah itu untuk kebaikan atau untuk pembelaan dirinya sendiri. Meski kita sering berbohong, tetapi kita tidak akan bisa dengan mudahnya mengetahui seseorang itu jujur ataupun berbohong.

Menurut penelitian, seperti dilansir Mirror, kita akan berbohong  hingga 200 kali dalam satu hari, jadi wajar jika kita sulit membedakan mana seseorang yang berkata jujur atau berbohong.

Dalam kasus serius mungkin diperlukan tes poligraf untuk mendeteksi kebohongan, tapi untuk hal ringan, sebenarnya ada empat indikator kebohongan yang dapat kita lakukan untuk mengungkap kebohongan.

1. Orang ketiga

Seseorang yang berbohong akan mencoba untuk membela dirinya. Kebanyakan dari orang yang berbohong akan menggunakan orang ketiga. Misalnya,"Aku tidak melakukannya," dia akan mengatakan jika "Itu tidak terjadi, karena ada orang lain  yang melakukannya."

2. Kata-kata negatif

Jika mereka menggunakan bahasa negatif, itu salah satu indikator pembohong. Karena ketika seseorang berbohong, secara tidak sadar mereka merasa buruk telah berbohong.

3. Membuat sederhana

Pembohong akan sulit untuk untuk mengatakan sebuah cerita yang kompleks di tempat, mereka sering menawarkan cerita sederhana tanpa nuansa.

4. Terlalu berbelit-belit

Agak membingungkan, tapi kalau masih dalam satu alur cerita biasanya dia jujur. Sebaliknya, jika dia terus bercerita terlalu kompleks di luar konteks masalah, kalimat kompleks dan terputus-putus dengan detail yang tidak perlu diceritakan, itu bisa menjadi tanda bahwa ia berbohong.
X