Terbukti Memangsa Manusia, 3 Singa Ini Dipenjara Seumur Hidup

(Foto: BBC)

Hukuman ternyata memang tidak selamanya dijatuhkan kepada manusia saja. Hewan pun jika bersalah ternyata harus mendapatkan hukuman sama seperti manusia. Seperti yang terjadi kepada tiga ekor singa di India ini yang harus dikurung seumur hidup di sebuah kebun binatang.

Singa Asiatic di Gujarat, India telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah bukti forensik menunjukkan bahwa singa tersebut telah memangsa tiga orang manusia. 16 singa telah diperiksa oleh pemerintah untuk membuktikan kebenaran tentang pemangsaan manusia tersebut.

Selama dua bulan, 16 singa tersebut disimpan di dalam kandang untuk menjalani pemeriksaan. Dimulai dari pengambilan sidik jari, penilaian prilaku, hingga pemeriksaan kotoran. Salah satu singa jantan telah terbukti memangsa manusia, sebagian besar rambut ditemukan pada kotorannya dan dua singa betina juga terbukti telah memangsa manusia.

Adapun 14 singa lainnya yang sempat menjadi terdakwa pemangsa manusia, namun merekaa kembali dilepas ke alam bebas. Di Taman Nasional Gir, setidaknya terdapat 270 ekor singa liar. Seringkali hewan buas ini memasuki pedesaan dan memangsa ternak warga. Namun baru tahun ini terjadi pembunuhan berantai pada manusia.

Mahkamah Agung India pada tahun 2013 lalu sudah memerintahkan agar mengurangi populasi singa serta harimau di Taman Nasional Gir. Di masa mendatang, dikhawatirkan konflik manusia dan singa akan bertambah sengit karena berebut lahan dan semakin berkurangnya makanan.

Sumber: BBC
X