Wow, Garam Termahal Ini Dihargai Rp 3,6 Juta Per Kantongnya

Garam Bambu (foto: The Daily Meal)

Jika kebanyakan orang mengenal garam meja yang teksturnya lebih halus, ternyata masih ada jenis garam lain dan harganya sangatlah fantastis sampai dijuluki garam paling mahal di dunia.

Garam ini dikenal dengan sebutan garam bambu atau Bambu Amethyst 9x. Garam ini terbuat dari garam laut abu-abu yang hanya ditemukan di Korea. Kemudian, garam ini disegel menggunakan tabung bambu tua dengan wadah menggunakan keramik tanah liat.

Tabung yang dijadikan sebagai wadah garam tersebut kemudian dipanggang dalam tungku menggunakan kayu pinus dengan suhu 1.500 derajat Fahrenheit atau setara dengan 815 derajat celcius. Pemanasan dilakukan hingga mencapai titik di mana garam itu meleleh.

Proses tersebut diulang hingga tujuh kali dan kemudian dipanggang kembali di suhu yang lebih panas hingga garam mencair seperti lelehan magma. Lalu, lelehan tersebut didiamkan hingga menjadi kristal-kristal garam.

Garam bambu ini lebih kuat dengan memiliki aroma pembakan, sulfat serta terasa sedikit manis. Garam bambu bukan hanya untuk makanan saja, garam ini dipercaya memiliki manfaat dalam pengobatan Tao untuk penghambatan sel kanker.

Prosesnya yang sulit serta khasiatnya yang luar biasa bukan hanya untuk bumbu dapur, membuat garam ini memiliki nilai jual yang tinggi. Garam bambu dibandrol dengan kisaran harga US$272 atau setara dengan Rp 3,6 juta per kantongnya (453 gram).

Sumber: The Daily Meall
X