Unik, Di Landasan Pacu Bandara Ini Ada Kuburan

Kuburan di tengah landasan pacu Bandar Udara Internasional Savannah/Hilton Head (foto: Amusing Planet)

Ada yang unik di Bandar Udara Internasional Savannah/Hilton Head, di kota Savannah, Georgia, Amerika Serikat, di mana ada dua kuburan di tengah-tengah bandara tersebut.

Dikutip Amusing Planet, berabad-abad lalu bandara itu dulunya adalah hutan dan lahan pertanian milik keluarga Dotson. Di sini juga merupakan makam dari ratusan orang yang kebanyakan merupakan para budak

Di antara kuburan itu, ada yang termasuk keluarga Dotson, yakni Richard dan Catherine Dotson yang meninggal pada tahun 1870-an dan awal 1890-an. Mereka meninggal dua dekade sebelum penemu pesawat Wright bersaudara melakukan uji coba penerbangan pertama.

Bertahun-tahun kemudian, tepatnya menjelang Perang Dunia II, bandara militer dibuka di atas tanah keluarga Dotson. Para tentara memindahkan sebagian banyak kuburan keluarga Dotson ke kuburan Bonaventure.

(foto: Amusing Planet)

Tapi ada empat kuburan yang tidak dipindahkan dan tetap berada di tanah itu, dua di antaranya adalah kuburan Richard dan Catherine.

Setelah perang berakhir, bandara militer ini berubah jadi bandara umum yang pembangunannya dimulai pada tahun 1960-an.

Sayangnya, pihak bandara tidak mendapat izin untuk memindahkan kuburan Richard dan Catherine sehingga memaksa mereka untuk menyediakan sebagian landasan pacu untuk kedua kuburan tersebut.

Lokasi asli kuburan itu sekarang ditandai oleh batu nisan yang diletakkan dalam posisi datar agar pesawat tidak dapat merusaknya.
X