Ternyata, Ini Alasan Ilmiah Banyak Orang Benci Hari Senin

(foto: favim.com)

Hampir semua orang mengeluh ketika harus berhadapan dengan hari Senin, terutama bagi mereka yang bekerja kantoran dan anak sekolahan. Kira-kira kenapa yah kalau menginjak hari Senin itu kita suka malas banget?

Mungkinkah ada organisme atau virus yang membuat kita tidak suka banget sama hari Senin atau emang sudah dari sananya? Jika punya anggapan demikian, Anda jelas ngawur banget.

Di balik ungakapan "I hate Monday", ternyata tersimpan alasan ilmiah dari para ahli yang membuat kita bilang gitu. Melansir Kompas.com, berikut alasan ilmiah kenapa banyak orang benci dengan hari Senin.

4. Perubahan pola tidur di akhir pekan

Walau hanya satu jam, perubahan pola tidur dinilai bisa mengganggu siklus dalam tubuh. Lalu apa hubungannya dengan hari Senin?

Banyak orang yang meghabiskan akhir pekannya dengan tidur sepuasnya setelah kemarin-kemarin lelah bekerja. Menurut ilmuwan, mengambil jam tidur tambahan di akhir pekan akan membuat Anda lelah sehingga membuat Anda kesulitan dan malas ketika bangun di hari Senin.

3. Kenyamanan sosialisasi

Ketika akhir pekan, kita terkadang merasa nyaman dan senang berada di rumah, sehingga timbul perasaan enggan untuk kembali bekerja pada hari Senin.

Para ilmuwan mengatakan kalau punya sahabat dan aktivitas yang menyenangkan di tempat kerja bisa membuat kita semangat. Misalnya saja ada gebetan!

2. Tubuh kurang sehat

Para ilmuwan mengatakan bahwa banyak orang yang kondisi kesehatannya menurun di awal minggu, seperti tekanan darah jadi lebih tinggi. Bahkan, hari Senin juga menjadi hari yang paling umum seseorang menderita stroke dan serangan jantung.

1. Tidak menyukai pekerjaan

Menurut sebuah studi, 70 persen orang tidak menyukai pekerjaan mereka. Hal itu menyebabkan perasaan depresi dan kecemasan yang dimulai pada Minggu malam. Pada akhirnya, kita bekerja tidak produktif pada hari Senin.
X