Ternyata, Bahasa Jawa Juga Populer Di 5 Negara Ini


Bahasa merupakan identitas suatu bangsa, tak terkecuali di Indonesia. Tak hanya bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan, Indonesia yang kaya akan suku dan bangsa ini masih melestarikan berbagai macam bahasa daerah, salah satunya bahasa Jawa.

Berasal dari suku Jawa, bahasa ini ternyata tidak hanya populer di Indonesia, tapi di beberapa negara ini bahasa Jawa juga sangat populer. Beberapa faktor seperti penjajahan, keturunan, dan bekerja di luar negeri menjadi penyebab bahasa Jawa bisa berkembang pesat di negara-negara ini.

Penasaran negara mana sajakah yang juga melestarikan bahasa Jawa? Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun beberapa negara yang sebagian masyarakatnya juga menggunakan bahasa Jawa. Kamu harus bangga sebagai warga negara Indonesia!

5. Suriname


Negara yang berada di Amerika Selatan ini sempat dijajah oleh Belanda dan dulu diberi nama Guyuhan Belanda. Pada tahun 1890-1939, banyak masyarakat Jawa yang dibawa ke negara ini dan hingga saat ini sekitar 75.000 rakyatnya merupakan keturunan Jawa dan menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka.

4. Singapura


Penduduk orang Jawa di negara ini terbilang cukup besar, bahkan negara ini memiliki kampung Jawa yang dihuni oleh orang Jawa asli. Pada tahun 1825 banyak orang Jawa Tengah yang dibawa ke Singapura untuk dipekerjakan menjadi buruh perkebunan karet, pekerja kereta api dan konstruksi jalan raya.

Sampai saat ini perkembangan penduduk Jawa di Singapura bisa dibilang berkembang pesat terbukti dengan bertambahnya kampung Jawa di Singapura. Masyarakatnya pun hidup rukun dengan etnis lain seperti Melayu dan Tionghoa.

3. Malaysia


Masyarakat Jawa yang tinggal di negara serumpun dengan Indonesia ini masih melestarikan adat Jawa. Meski demikian mereka dianggap sebagai orang pribumi yang sah. Orang Jawa di negara ini tersebar di beberapa wilayah seperti Tanjung Karang, Kelang, Banting, Sabak, Bernam dan Sepang.

2. Belanda


Selama menjajah Indonesia, Belanda juga mengirimkan sebagian orang untuk menjadi budak di negaranya. Inilah sebabnya bahasa Jawa cukup familiar di negara kincir angin ini. Bahkan salah satu universitas tertua di Belanda mencantumkan bahasa Jawa menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari.

1. Kaledonia Baru


Terletak di Samudera Pasifik, negara ini merupakan milik Perancis. Sebagian besar masyarakat dinsana merupakan orang Jawa yang dipekerjakan sebagai kuli kontrak. Masyarakat Jawa disana tetap melestarikan adat Jawa, namun generasi mudanya lebih memilih bahasa Perancis.
X