Terkuak, Ini Fungsi Sebenarnya Warna Biru Pada Penghapus

(Foto: volusion.com)

Mungkin Anda tidak asing dengan penghapus paling ikonik yang memiliki dua warna yakni biru dan oranye ini. Sewaktu SD dulu, pasti Anda menganggap kalau warna biru pada penghapus itu untuk menghapus tinta pulpen, tapi itu sebenarnya salah.

Warna oranye pada penghapus itu memiliki tekstur yang lebih lembut, sedangkan yang biru memiliki tekstur yang lebih kasar.  Ketika warna biru pada penghapus itu digunakan untuk menghapus tinta pulpen, tak jarang kertas tempat Anda nulis malah robek atau bolong.

Tentu saja itu membuktikan kalau bagian biru pada penghapus ini bukan untuk menghapus tinta pulpen. Lalu apa sebenarnya fungsi warna biru pada penghapus ini?


Dikutip dari Lite FM Malaysia, warna biru pada penghapus tersebut digunakan untuk menghapus tulisan pensil pada kertas kasar, sebab jika harus menggunakan yang oranye maka harus membutuhkan tenaga yang ekstra dan butuh waktu lama untuk menghapusnya.

Jadi, warna biru penghapus ini bukan untuk menghilangkan tinta pulpen di kertas, melainkan digunakan khusus untuk menghapus bekas coretan pensil di kertas yang memiliki tekstur kasar.
X