Sering Merasa Lapar Saat Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya

Ilustrasi (Foto: become-healthier.com)

Tidak jarang dari kita pernah mengalami rasa lapar pada malam hari. Biasanya hal tersebut terjadi ketika kita tidak mampu memejamkan mata sehingga timbul rasa bosan dan akhirnya memilih untuk ngemil untuk mengisi kebosanan.

Namun bukan hanya itu, ada juga yang tiba-tiba terbangun hanya karena perut merasa lapar. Pada akhirnya, kita tidak bisa tertidur sebelum makan dulu. Kelaparan pada malam hari sering disebabkan karena  gula darah tidak seimbang sepanjang hari. Orang mengalami kelaparan ketika kadar gula darah turun di bawah normal.

Sejumlah faktor dapat mengganggu keseimbangan energi pada tubuh kita. Ini dia penyebab dari terjadi nya lapar pada tengah malam, seperti dilansir dari SF Gate.

1. Tidak seimbangnya tingkat gula darah

Kadar gula darah tidak naik dan turun dengan cepat, tetapi harus tetap stabil. Mungkin terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana, seperti tepung putih dan gula, jenis makannan tersebut akan lebih cepat menjadi gula, menyebabkan lonjakan yang tidak sehat pada kadar gula darah.

Ketika glukosa darah Anda rendah, Anda mungkin merasa gemetar, mudah marah, pusing, cemas dengan detak jantung yang cepat, bingung atau merasa sangat lapar. Anda juga mungkin merasa gelisah atau berkeringat, dan sakit kepala atau mimpi buruk. Berolahraga lebih dari biasanya pada siang hari juga dapat menyebabkan glukosa darah rendah pada malam hari.

2. Pola makan yang tidak teratur

Makan secara teratur setiap hari dapat menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari dan dapat membantu mencegah lapar pada tengah malam. Mulailah hari dengan sarapan yang sehat dan memuaskan, dan jangan takut untuk memiliki makanan ringan yang sehat di antara waktu makan untuk mencegah gula darah menjadi terlalu rendah.

Menikmati makan malam cukup mempertimbangkan makanan ringan saja, sekitar dua jam sebelum tidur jika Anda merasa perlu. Cemilan harus mencakup karbohidrat yang sehat dan tinggi protein, seperti irisan apel, seledri atau wortel yang dicelupkan ke dalam selai kacang. Ini akan mengurangi risiko bangun pada malam hari hanya karena merasa lapar.

3. Asupan nutrisi yang buruk

Ketika makanan yang Anda konsumsi tidak cukup asupan nutrisinya, maka dalam jangka panjang Anda tidak akan merasa apa yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Bahkan ketika Anda mengambil dalam jumlah besar, jika makanan tidak kaya nutrisi, Anda masih akan merasa lapar meskipun berapa banyak porsi yang telah Anda makan. Hal ini tenntunya juga dapat menjadi penyebab Anda selalu lapar pada siang ataupun malam hari.

4. Sindrom makan malam

Orang dengan sindrom makan malam jarang merasa lapar pada pagi hari. Pola makan ini diakibatkan oleh asupan makannan yang lebih tinggi pada malam hari. Kondisi ini akan lebih mudah seseorang mengalami obesitas, dan sebagaian berat badan seseorang meningkat secara tidak terartur,
X