Rayakan Kelulusan, Siswa SMA Ini Bagi-Bagi Nasi Bungkus

Para siswa SMAN 3 Yogyakarta dalam perjalanan untuk membagikan nasi bungkus (foto: Facebook Humas Padmanaba Yogyakarta)

Budaya curat-coret baju untuk merayakan kelulusan masih saja marak dilakukan para pelajar zaman sekarang. Terbukti, pada pengumuman Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Jumat (6/5) lalu, masih saja ada pelajar yang merayakan kelulusan dengan curat-coret baju sambil konvoi di jalanan.

Namun berbeda dengan yang dilakukan para siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta atau SMA Padmanaba yang lebih memilih membagikan nasi bungkus kepada masyarakat dalam rangka syukuran atas kelulusan ujian nasional.

(foto: Facebook Humas Padmanaba Yogyakarta)

Dilansir dari Facebook Humas Padmanaba Yogyakarta, tradisi membagikan nasi bungkus memang sudah biasa dilakukan oleh sekolah yang terletak di Jalan Yos Sudarso Yogyakarta ini.

Pertama-tama, para siswa akan mendapat pengarahan dari guru dan koordinator lapangannya sebelum terjun ke jalanan untuk membagikan nasi bungkus kepada masyarakat.

(foto: Facebook Humas Padmanaba Yogyakarta)

Nasi bungkus itu akan dibagikan kepada siapa saja yang kebetulan terlewat oleh pasukan pembagi nasi bungkus tersebut. Mulai dari petugas stasiun, pegawai pemerintah, tukang jajanan, atau orang yang kebetulan sedang diam.

(foto: Facebook Humas Padmanaba Yogyakarta)

Luar biasa bukan dengan apa yang dilakukan para siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Semoga, sikap mereka jadi panutan untuk sekolah lain agar memiliki cara yang lebih baik untuk mensyukuri kelulusan.


Untuk yang suka curat-coret baju dan konvoi di jalan, ingat nih pesan mimin! Masih banyak di luar sana yang kurang mampu yang berharap mendapat baju untuk sekolah. Lebih baik dikasih daripada gaya-gayaan. Orang sukses jarang ugal-ugalan lho sewaktu mudanya dulu.
X