Pemudik Yang Terlalu Lama Di Rest Area Akan Didenda Rp 500 Ribu

Rest Area (Foto: rumah.com)

Pengguna tol menjadi salah satu pemciu kemacetan selama arus mudik. Selain antrian di gerbang tol, rest area atau area peristirahatan bagi pengguna tol juga jadi penyebab kemacetan yang parah.

Untuk menghindari itu, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan membatasi waktu istriahat para pengguna jalan tol di rest area. Mereka dilarang beristirahat lebih dari satu jam di rest area, jika lebih dari itu maka akan dikenakan denda.

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto, seperti dilansir dari Dream (28/5), mengatakan kebijakan pembatasan waktu didasarkan pada berbagai peristiwa kemacetan di jalan bebas hambatan. Rest area yang dipadati pengendara menyebabkan penumpukan di pintu masuk dan keluar.

"Rest area akan coba bergantian yaitu dibatasi. Kalau mau buang air, ya, habis itu lanjut. Kalu mau istirahat, ya, jangan berjam-jam, satu jam cukup," kata Pudji di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (27/5).

Pudji mengungkapkan kalau pengguna tol yang lama-lamaan di rest area melebihi satu jam akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu.

"Kalau lebih dari satu jam setengah dia kena penalti. Bisa Rp 250 ribu atau Rp 500 ribu. Ini sedang akan kami lakukan bagaimana teknisinya," katanya.
X