Menurut Psikologis, Ini Alasan Aneh Seseorang Bisa Jatuh Cinta

(foto: wtvr.com)

Mencintai dan dicintai memang indah rasanya bukan? Ya, setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Ketika rasa itu datang, kita seolah merasa orang paling bahagia di muka bumi ini.

Ketika Anda mencintai seseorang, pasti ada beberapa hal yang membuat Anda jatuh cinta kepadanya. Misalnya saja wajahnya, rambutnya, prilakunya, atau mungkin hartanya. Tapi itu sudah umum menjadi penyebab seseorang jatuh cinta.

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh seorang psikolog bernama Maggie Zhang seperti dikutip Business Insider, mengungkapkan beberapa alasan aneh seseorang bisa jatuh cinta. Berikut ulasannya.

10. Jika Anda memiliki kesamaan

Jika Anda memiliki beberapa kesamaan dengan seseorang yang menyukai Anda, bisa jadi itu adalah penyebab si dia jatuh hati kepada Anda. Misalnya saja, dari hobi, cara berpakaian, atau hal lainnya.

"Pasangan yang serupa dalam disposisi yang luar, seperti kepribadian, lebih memungkinkan untuk merasakan hal yang sama dalam kehidupan mereka sehari-hari," ujar Gian Gonzaga, penulis utama dari studi pasangan yang bertemu di eHarmony.

Menurut Gonzaga, dengan memeiliki beberapa kesamaan seperti kepribadian yang disebutkan tadi, memungkinkan sepasangan kekasih dapat dengan mudah memahami satu sama lain sehingga tercipta keharmonisan.

9. Saling menatap mata satu sama lain selama dua menit


Seorang psikolog bernama Joan Kellerman dari University of Massachussets meminta 72 undergrad nya untuk menatap mata lawan jenisnya selama dua menit.

Hasilnya pun cukup menakjubkan, di mana mereka merasakan kasih sayang yang penuh gairah meskipun itu adalah orang lain.

"Mereka melaporkan bahwa mereka telah meningkatkan perasaan cinta dan kasih sayang yang penuh gairah terhadap orang lain," demikian laporan Scientific America.

Hal itu membuktikan bahwa kontak mata dalam jangka waktu yang lama dapat menghubungkan Anda dengan seseorang bahkan bisa menimbulkan perasaan cinta di dalam diri Anda untuk orang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya.

8. Jika Anda tinggi

Orang yang memiliki postur tubuh yang tinggi, terutama pria, cenderung dapat menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan dengan orang lainnya. Selain itu, dalam sebuah studi yang melibatkan 594 orang menemukan kasus semacam itu juga terjadi pada urusan asmara.

"Laki-laki tinggi benar-benar menikmati kencan dan terasa lebih nyata," demikian kesimpulan penulis dari Virginia Polytechnic Institute dan psikolog Wayne E. Henslet dari State University.

Dalam kenyataannya juga wanita memang suka pria yang tinggi. Benarkan ladies?

7. Jika kehidupan Anda dekat dengan si dia

Selain kedekatan emosional, kedekatan secara fisik juga sangat berpengaruh besar dalam urusan asmara. Menurut percobaan di MIT, kedekatan kamar asrama antara siswa yang satu dengan siswa lainnya dapat meningkatkan kepahaman satau sama lain di antara mereka.

Hal itu dikarenakan mereka memiliki interaksi yang lebih pasif, misalnya saja pertemuan singkat ketika melewati lorong atau semacamnya yang membuat mereka merasa lebih dekat.

Kasus seperti ini juga dikenal sebagai efek paparan belaka, yang berarti keakraban memainkan peran besar dalam hal daya tarik.

6. Jika Anda tinggal di rumah yang indah

Kaum pria pasti tahu bahwa wanita tertarik pada cowok yang pake mobil mewah. Namun, pria yang selfie di apartemen mewah atau rumah miliknya jauh lebih keren dibandingkan dengan pria yang hanya pake mobil.

Dalam sebuah penelitian di Cardiff Metropolitan University, menyebutkan bahwa pria yang berfoto dengan postur santai di apartemen mewahnya memiliki daya tarik yang lebih tinggi. Sehingga wanita akan terpikat dan begitu mengagumi pria tersebut.

5. Jika Anda sama-sama memliki wajah rupawan atau kurang rupawan

Maksudnya adalah beberapa orang lebih tertarik kepada orang lain yang sama-sama menarik seperti dirinya sendiri. Dengan kata lain, kita lebih cenderung menyukai seseorang yang tak jauh berbeda dengan kita dilihat dari segi fisiknya.

4. Jika Anda sering tersenyum


Dalam dua percobaan, peneliti di Swiss menguji hubungan antara daya tarik dengan kebahagian. Mereka menemukan bahwa evaluasi orang terhadap daya tarik sangat dipengaruhi oleh intensitas senyum yang diekspresikan wajah.

Hal tersebut dapat berarti bahwa orang yang sering tersenyum cenderung memiliki daya tarik yang sangat tinggi.

3. Jika Anda suka bermain musik

Memang sudah tak diragukan lagi, pria yang suka bermain musik bisa membuat hati wanita kelepek-kelepek. Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian di Perancis.

Para peneliti menemukan bahwa praktek musik berhubungan erat dengan seleksi seksual. Dalam sebuah percobaan, seorang pemuda bersedia memegang gitar dan tas olahraga. Kemudian ia meminta kepada 300 wanita muda di jalanan untuk memilih salah satu dari barang yang di bawanya, gitar atau tas olahraga. Dan ternyata, kebanyakan dari gadis muda itu lebih suka ketika pria tersebut memegang gitar.

2. Jika Anda mengenakan pakaian berwarna merah

Dalam sebuah penelitian di Slovakia, wanita yang mengenakan pakaian warna merah cenderung lebih berhasil memikat hati pria. Hal itu dikarenakan warna merah diibaratkan sebagai sinyal seksual. Yang berarti ia mungkin sedang mencari pasangan.

1. Jika Anda memiliki jenis rambut wajah tertentu

Dalam sebuah percobaan di Australia, para peneliti menemukan bahwa wanita menganggap pria dengan janggut yang lebat lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang memiliki janggut ringan atau tidak memiliki janggut sama sekali.

Selain bisa meningkatkan daya tarik, peneliti juga menemukan bahwa rambut di wajah dapat mempengaruhi kesuburan. Wanita menganggap pria dengan janggut sedang berada pada masa subur.
X