Menguak Misteri Roda Pesawat Yang Berbentuk Kotak

Roda pendaratan pesawat berbentuk kotak (foto: Metro)

Semua roda kendaraan darat dan udara itu pasti bentuknya bulat. Tapi berbeda dengan roda pendaratan pesawat milik maskapai British Airways ini yang memiliki bentuk kotak. Fenomena ini membuat pakar penerbangan menggaruk kepala untuk menguak misteri roda pergi pesawat tersebut.

Pesawat jenis A380 itu mendarat di Bandar Udara Internasional London Heathrow, Inggris, setelah melakukan penerbangan dari Hong Kong beberapa waktu lalu. Ketika mendarat, ditemukan salah satu roda pendaratan pesawat itu berbentuk kotak seperti ban bocor.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana roda pesawat itu bisa sampai berbentuk kotak. Tapi dugaan kuat, ban pesawat itu mengalami kebocoran yang tidak dibantu oleh perubahan suhu di ketinggian selama penerbangan.

Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan, "Ini adalah salah satu hal yang bikin penasaran. Tidak pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya."

Sementara itu, salah satu pakar keselamatan penerbangan mencoba menjelaskan fenomena ban kotak itu. Menurutnya, ban kempes akan tetap bulat ketika pesawat mendarat, tapi ini tidak.

"Ini sedikit misterius, sebuah fenomena menarik. Ban kempes akan tetap bulat ketika pesawat mendarat, itu (ban) tidak akan berputar dengan bentuk persegi seperti yang terlihat di gambar," katanya, seperti dilansir Metro.

Pesawat A380 British Airways (foto: Metro)

Dia menambahkan bahwa roda pesawat terbuat dari alumunium yang sangat kuat yang mampu menahan berat pesawat. Seperti yang tampak pada gambar di atas, ban pesawat itu sama sekali tidak mengalami kerusakan.

Satu-satunya penjelasan yang cukup masuk akal untuk menjelaskan kejadian ini adalah rem pesawat terlalu panas sehingga menyebabkan ledakan di dalam ban. Tapi, pilot akan menerima peringatan jika rem dalam keadaan terlalu panas.

Walau mendarat dengan roda berbentuk kotak, pesawat tersebut berhasil mendarat dengan selamat tanpa menimbulkan korban luka.
X