Manfaat Global Warming Yang Jarang Diketahui

(foto: smosh.com)

Global warming atau pemanasan global diprediksi akan mendatangkan banyak bencana ke bumi ini. Para ilmuwan bahkan mengatakan beberapa bencana yang terjadi sekarang, seperti naiknya permukaan air laut, dan suhu yang terus meningkat disebabkan oleh global warming.

Oleh sebab itu banyak orang yang resah dengan meningkatnya suhu bumi. Beberapa upaya dilakukan untuk mempertipis pemanasan global, seperti melakukan gerakan Earth Hour, Go Green, dan masih banyak lagi.

Tapi, tahu tidak kalau global warming itu tidak selamanya memberikan efek negatif? Sebenarnya, global warming juga memberikan beberapa manfaat untuk kita lho. Lalu apa saja manfaatnya?

3. Menyelamatkan Hutan Tropis

(foto: earthtimes.org)

Banyak hutan tropis yang ditebang sampai habis oleh orang tak bertanggung jawab. Semakin menipisnya hutan tropis, itu bisa membawa dampak negatif pada keseimbangan bumi.

Di sini global warming memiliki peranan untuk meningkatkan temperatur udara. Temperatur yang hangat dan nitrogen dari hujan asam sebenarnya bagus untuk vegetasi hujan tropis. Meski tanpa hujan, hutan tropis bisa tetap tumbuh subur asalkan ada temperatur yang cukup.

2. Mencegah Terjadina Zaman Es

The Day After Tomorrow (foto: 20th Century Fox)

Zaman es pernah terjadi beberapa juta tahun yang lalu saat bumi belum dihuni manusia. Kondisi zaman es pernah digambarkan dalam sebuah film berjudul "The Day After Tomorrow (2004)" yang disutradarai oleh Roland Emmerich.

Jika Anda sudah pernah nonton film tersebut, Anda akan tahu betapa ganasnya zaman es. Semua manusia tidak akan mampu bertahan jika harus berhadapan dengan zaman es.

Sementara itu, fakta lain menunjukkan kalau manusia mampu bertahan di cuaca yang panas dibandingkan dengan cuaca yang dingin. Jadi sangat masuk akal jika global warming mampu mencegah zaman es.

Tapi anehnya, zaman es yang ada dalam film tersebut disebabkan oleh pemanasan global yang semakin meningkat. Jadi mana yang benar?

1. Mengurangi Badai

(foto: techedon.com)

Para ahli oceanografi mengatakan kalau samudera dan lautan menjadi lebih hangat, badai yang menerap Amerika jadi seidkit. Temperatur yang panas mampu menambah gerakan angin yang bisa membasmi petir dan badai.
X