Konsumsi Vitamin D Berlebihan Sebabkan Penyakit Ginjal?

(foto : thebroccolihut)
Vitamin dan mineral diperlukan tubuh untuk menunjang fungsi organ, menjaga kekebalan imun dan menjaga tubuh tetap seimbang. Dari sekian banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, vitamin D juga berperan penting dalam proses tersebut.

Vitamin D merupakan vitamin yang berfungsi untuk menunjang proses penyerapan kalsium. Vitamin D kebanyakan terdapat dalam produk susu, kacang-kacangan hingga sinar matahari pagi.

Meski penting peranannya bagi tubuh, ternyata vitamin D yang dikonsumsi berlebih apalagi hingga ditambah suplemen akan merusak organ tubuh terutam ginjal.

Vitamin D sejatinya berfungsi untuk mecegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang. Vitamin D pula dapat mencegah stres pada wanita dewasa.

Konsumsi suplemen vitamin D hanya dibutuhkan bagi mereka yang memiliki riwayat osteoporosis. Di luar itu, vitamin D sebenarnya tak begitu dibutuhkan. Hal ini dikarenakan saat tubuh kelebihan vitamin D, penyerapan kalsium pun akan meningkat.

Bukannya berdampak baik, penyerapan kalsium yang berlebihan ini justru akan mengakibatkan batu ginjal.

Agar asupan vitamin D bagi tubuh tetap terpenuhi dan tak berlebihan, Anda bisa memperolehnya secara gratis dengan berjemur selama 30 menit di bawah sinar matahari kurang dari jam 9 pagi.

Sumber: Everydayhealth.com
X