Kenapa Orang Asia Tidak Memakai Alas Kaki Ketika Di Dalam Rumah?

(Foto: nextshark.com)

Hampir semua orang Asia termasuk Indonesia tidak pernah memakai alas kaki ketika masuk ke dalam rumah. Sepatu atau pun sandal akan dilepas karena alasan tertentu. Tahu tidak kenapa?

Alasan kenapa orang Asia tidak pernah memakai alas kaki ke dalam rumah adalah karena alasan kesehatan. Jumlah bakteri dan kotoran yang terdapat pada alas kaki begitu banyak dan berbahaya.

Dilansir Nextshark, sekitar 421.000 jenis bakteri ditemukan pada alasa kaki, menurut sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh University of Arizona.

Ketika sepatu diperiksa, terdapat 96% coliform, indikator bakteri dan tingkat sanitasi makanan serta air yang biasa ditemukan dalam kotoran manusia dan hewan berdarah panas.

(Foto: nextshark.com)

Selain itu, 27% dari sepatu memiliki E. coli bersama dengan 7 jenis bakteri lainnya. Diantaranya adalah Klebsiella pneumoniae, bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, dan Serratia ficaria, bakteri yang menyebabkan infeksi pernafasan.

Penulis studi, Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona, menjelaskan bahwa memakai alasa kaki ke dalam rumah, 99 persen kemungkinan bakteri pada sepatu tersebut akan berpindah ke lantai rumah yang tidak terkontaminasi.

Tentu saja hal itu bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan tadi.
X