Kapan Waktu Yang Tepat Minum Air Dingin Dan Air Panas?

Ilustrasi (foto : lovelyeat)

Bukan rahasia lagi kalau air merupakan salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Untuk mendapatkan manfaat total dari air ini, ternyata para peneliti menyebutkan bahwa kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat minum air dengan suhu tertentu.

Pengobatan kuno mempercayai bahwa betapa pentingnya temperatur tubuh dan suhu air yang kita konsumsi bagi kesehatan. Jadi bagaimana sebaiknya kita mengkonsumsi air pada suhu tertentu?

Air dingin tepat dikonsumsi saat berolahraga. Saat berolahraga suhu tubuh akan meningkat, dan minum air pada saat ini akan menjaga suhu tubuh tetap stabil 50% lebih lama dibanding air biasa.

Selain berolahraga, air dingin juga cocok dikonsumsi saat demam, karena saat ini tubuh sedang berjuang melawan serangan dari bawah. Tambahkan juga sedikit perasan jeruk lemon dan garam untuk mengembalikan elektrolit tubuh.

Saat ingin mengurangi berat badan pun, air dingin bisa menjadi pilihan karena air dingin akan menigkatkan metabolisme dan membakar kaloru sebanyak 70 kalori setiap harinya.

Seangkan air hangat atau air panas sangat cocok dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Minuman hangat dapat menstiulasi pencernaan, karena minuman hangat dapat membantu tubuh memanaskan dirinya.

Selain itu, air hangat juga cocok untuk detoksifikasi. Air hangat dengan perasan jeruk lemon sangat ampuh untuk mengeluarkan detoks dari dalam tubuh setiap harinya.

Terkahir, air panas juga disarankan dikonsumsi saat tubuh mengalami pusing atau radang karena air panas menstimulasi aliran darah menuju syaraf.

Sumber: Healthy and Natural World
X