Ini Pria Muslim Pertama Yang Jadi Wali Kota London

Sadiq Khan (foto: BBC Indonesia)

Sadiq Khan, seorang putra sopir bus asal Pakistan, terpilih jadi muslim pertama yang menjabat sebagai Wali Kota London. Sebelumnya, ia sempat dituduh memiliki kaitan dengan ekstrimis.

Dilansir BBC Indonesia, menurut hasil pemungutan suara pada hari Kamis (05/05), memperlihatkan calon Partai Buruh ini meraih 44,2% suara sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai  Konservatif meraih 35% suara.

Khan lahir di London pada tahun 1970 dan dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan yang memiliki etnis beragam.

Dia menceritakan kalau ayahnya adalah seorang sopir bus sementara ibunya hanya jadi tukang jahit. Tapi kota London memberikannya kesempatan untuk berkembang menjalankan usaha hingga menjadi anggota kabinet.

Partai Konservatif sempat menuduh kalau Khan terkait dengan ekstremisme Islam. Tapi ia membantahnya dan menganggap radikalisme adalah kanker. Ia juga mendukung perkawinan sesama jenis, yang membuatnya mendapat ancaman mati.

Hingga akhirnya London memilih Khan sebagai wali kota mereka dengan keunggulan cukup besar dari Zac Goldsmith yang juga menuduhnya sebagai teroris.
X