Ini Bahaya Mengunakan Bedak Pada Bayi

Ilustrasi (foto: babypibu.com)

Penggunaan bedak pada bayi memang sudah menjadi hal yang lumrah bagi para ibu. Namun, bedak yang berbahan dasar kimia tentu dapat menimbulkan risiko yang tidak baik pada bayi. Apalagi kulit bayi masih sangat sensitif, maka dari itu pertumbuhanya harus diperhatikan dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan alami.

Tak banyak yang mengetahui seberapa besar bahaya penggunaan bedak berbahan kimia pada bayi. Untuk itu simak bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh bedak pada bayi, seperti yang telah dilansir dari The Health Site berikut ini.

1. Dapat menyebabkan infeksi paru-paru

Banyak bubuk talek mengandung unsur-unsur beracun yang dapat berbahaya bagi tubuh bayi. Salah satu penelitian memperkirakan berapa banyak bedak bayi yang bisa dihirup dengan baik pada saat pemakaian, yang menunjukkan bahwa jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari yang sebenarnya.

Dengan begitu, beri batasan pengguanaan bedak pada anak, karena dalam prosesnya, anak menghirup senyawa beracun yang hadir dalam bedak biasanya silikat atau asbes, komponen yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru.

2. Menjadi salah satu faktor penyebab kanker

Ada banyak penelitian yang mengatakan penerapan bedak pada daerah genital dari anak perempuan bisa menyebabkan kanker ovarium pada usia dewasa.

Asosiasi telah ditetapkan oleh setidaknya 25 studi yang dilakukan selama beberapa periode, terhadap kurangnya kesadaran sebagian besar para ibu menggunakan bedak di area genital untuk menjaga daerah kering dan infeksi. Sebenarnya hal ini merupakan sebuah perlindungan kecil,  yang membuat seseorang rentan terhadap kanker ovarium.

Jika Anda masih tertarik untuk menggunakan bedak pada bayi Anda, disarankan Anda mencari pilihan alami yang tidak mengandung unsur-unsur beracun yang dapat membahayakan bayi Anda. Tips mengganti bedak kimia dengan bahan alami:

Ararut bubuk

Bahan alami ini merupakan bubuk berbasis herbal yang tersedia di sebagian besar toko Ayurvedic atau organik dan lembut terhadap kulit sensitif bayi. Biasanya, ararut berbahan dasar pati jagung untuk membuat bedak bayi.

Tepung jagung

Bahan ini tersedia secara alami dan dapat menggantikan bedak bayi beracun dan tanpa efek samping. Anda dapat menerapkan ini secara langsung pada kulit bayi Anda karena dapat menjaga kulit kering pada bayi dan tanpa risiko yang membahayakan.
X